You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Ibu & Anak » Cara Efektif Menakar Obat Pediatrik Oral Untuk Anak

Cara Efektif Menakar Obat Pediatrik Oral Untuk Anak

cough_21931tMemasuki musim yang tidak pasti saat ini, anak-anak biasanya rentan terserang flu. Sebagai orang tua tentu akan berusaha untuk meringankan penyakit dengan memberikan obat-obatan yang umumnya dalam bentuk cair. Meski dilengkapi dengan gelas atau sendok ukur pada setiap jenis dan merk obat cair, namun memberikan obat dengan takaran yang benar menjadi hal yang rumit bagi orang tua. Tak jarang para orang tua yang melakukan kesalahan dosis dalam pemberian obat pediatric oral.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menunjukkan bahwa mengukur obat menggunakan jarum suntik oral dapat mengurangi dosis kesalahan.

Penelitian ini menemukan bahwa setidaknya orang tua melakukan lebih dari 4 kali kesalahan dalam menggunakan gelas ukur dibanding jarum suntik. Selain itu, 84% dari para orang tua setidaknya pernah membuat satu kali kesalahan atau lebih (sekitar 20%).

Seorang profesor pediatric Dr Shonna Yin mengatakan memberikan terlalu banyak obat dapat menyebabkan efek samping, sementara penyakit tidak dapat ditangani dengan baik jika dosisi yang diberikan terlalu sedikit.

Sebagai seorang dokter anak di rumah sakit umum, saya telah melihat banyak orang tua bingung tentang bagaimana memberikan obat untuk anak mereka dengan benar,” katanya.

Lebih dari 2.000 orang tua di Inggris membawa anak ke klinik untuk berpartisipasi dalam penelitian ini.

Mereka diminta untuk mengukur jumlah tiga obat  yang berbeda (2,5, 5, dan 7,5 mililiter) menggunakan tiga alat ukur yang berbeda dirancang untuk obat cair. Mereka adalah jarum suntik 10-mL dengan 0,2 mL atau 0,5 mL tanda kenaikan atau seluas 30 mL dosis cangkir.

Peserta dibagi menjadi lima kelompok yang bervariasi berdasarkan unit pengukuran yang digunakan pada alat ukur dan instruksi.

Pada kelompok pertama, mL digunakan untuk keduanya. Tapi di kelompok lain, unit atau singkatan untuk satuan yang digunakan pada alat ukur dan petunjuk tidak cocok, atau alat ukur atau instruksi dimasukkan unit dalam mililiter dan sendok teh.

Para peneliti menemukan bahwa secara signifikan kesalahan pengukuran disebabkan oleh alat dosis  diberikan dengan mililiter dan sendok the.

Namun, pada kelompok mililiter-satunya, orang tua masih membuat kesalahan sekitar 25 persen.

Sumber : healthline

(bt/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1661

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top