You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Apa Reaksi Tubuh Ketika Anda Tertawa?

Apa Reaksi Tubuh Ketika Anda Tertawa?

Manfaat-Tertawa-Untuk-KesehatanTertawa merupakan aktivitas alami tubuh yang sederhana tetapi menyimpan banyak kebaikan bagi tubuh. Dengan hanya tertawa mampu mengurangi tingkat hormon stress, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menghasilkan gelombang otak “perasaan bahagia” yang sama ketika melakukan meditasi.

Seorang tokoh perfilman dunia yang melegenda (Walt Disney) mengatakan “Tawa adalah abadi, imajinasi tidak memiliki usia dan mimpi selamanya”

Salah satu perasaan terbaik di dunia adalah ketika seseorang mampu tertawa terbahak hingga kontraksi ke perut. Belakangan bermuncul kelas yoga untuk latihan tertawa selama satu jam penuh, dan dokter meresepkan ini kepada pasien yang mempunyai gangguan kecemasan.

Mengapa perasaan menjadi lebih baik setelah tertawa? Simak beberapa reaksi positif tubuh ketika Anda mampu tertawa terbahak seperti berikut ini :

Stress

Tertawa mampu mengurangi hormon stress kortisol sehingga tubuh mampu melepaskan kecemasan. Berkurangnya tingkat stres pada tubuh berarti sistem kekebalan tubuh berfungsi lebih baik. Bahkan meski hanya tertawa ringan beberapa kali dalam sehari sangat baik tubuh.

Tekanan darah

Tertawa dapat menurunkan tekanan darah, sehingga menurunkan risiko stroke atau serangan jantung. Jadi, jika karena satu alasan merasa gelisah dan megalami kecemasan, segeralah ambil remot dan putar acara komedi favorit Anda.

Pengencangan

Tertawa membuat otot-otot di perut mengembang dan berkontraksi mirip dengan ketika Anda melakukan sit-up.

Membakar kalori

Tertawa dapat membakar kalori dan meningkatkan detak jantung sekitar 10-20%. Dengan demikian tubuh mampu membakar kalori sekitar 10-40 kalori dengan tertawa selama 10-15 menit. Meski hal ini bukan cara yang efektif untuk membakar kalori.

Tertawa dapat menularkan kepada orang lain di sekitar Anda. Maka ada pepatah, “Tertawalah maka seluruh dunia akan tertawa bersamamu,”. Suara tawa memicu premotor bagian kortikal otak, yang terlibat dalam pergerakan otot-otot wajah sehingga sesuai dengan suara tawa. Memunculkan tertawa sama halnya mencari makanan sehat untuk dikonsumsi atau melakukan latihan di tempat kebugaran/gym.

Tertawa itu gratis dan mudah di cari, jadi perbanyaklah tertawa.

Sumber : healthtoday

(bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1660

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top