You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 8 Manfaat kembang kol

8 Manfaat kembang kol

kolKembang kol sudah lama dikenal sebagai sayuran. Memasaknya bisa divariasikan dengan berbagai menu, misalnya cap cai. Tahukah kita, jika kembang kol banyak manfaat kesehatannya?

  1. Kaya gizi. Satu cangkir kembang kol (128 gram) mengandung sekitar 25 Kalori, 3 gram serat, Vitamin C 77% dari AKG (angka kecukupan gizi), Vitamin K 20%, Vitamin B6 11%, Folat 14%, Asam pantotenat 7%, Kalium 9%, Mangan 8%, Magnesium 4%, Fosfor 4%.
  2. Tinggi serat. Satu cangkir yang mengandung 3 gram serat merupakan 10% kebutuhan serat harian. Serat penting dan dibutuhkan oleh bakteri sehat sebagai makanan di usus. Bakteri sehat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi cukup serat dapat membantu mencegah kondisi pencernaan seperti sembelit, divertikulitis dan penyakit radang usus (IBD), menurunkan resiko kegemukan, penyakit jantung, kanker dan diabetes.
  3. Sumber antioksidan. Kaya antioksidan yang melindungi dari radikal bebas, pembengkakan. Hal ini karena tinggi glucosinolates dan isothiocyanate, dua kelompok antioksidan yang telah terbukti memperlambat pertumbuhan sel kanker kolon, paru-paru, payudara dan prostat. Selain itu juga mengandung antioksidan karotenoid dan flavonoid  yang memiliki efek anti kanker dan dapat mengurangi risiko beberapa penyakit lain, termasuk penyakit jantung. Juga mengandung vitamin C yang memiliki efek anti-inflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.
  4. Menurunkan berat badan. Mengandung 92% air sehingga mengganti makanan bertepung dengan berkalori rendah.
  5. Tinggi kolin. Satu cangkir mengandung sekitar 45mg kolin, sekitar 11% asupan untuk wanita dan 8% pria. Kolin berperan penting dalam menjaga integritas membran sel, mensintesis DNA dan mendukung metabolisme. Kolin juga untuk perkembangan otak dan produksi neurotransmiter yang diperlukan untuk sistem saraf yang sehat. Lalu membantu mencegah kolesterol menumpuk di hati. Orang yang kurang kolin dalam jangka panjang akan menderita al zheimer dan demensia.
  6. Kaya Sulforaphane. Sulforaphane sangat membantu untuk menekan perkembangan kanker dengan menghambat enzim yang terlibat dalam pertumbuhan kanker dan tumor. Sulforaphane juga berpotensi menghentikan pertumbuhan kanker dengan menghancurkan sel-sel yang sudah rusak, terutama kanker kolon, payudara, leukemia, pankreas dan melanoma. Manfaat lain mengurangi tekanan darah tinggi dan menjaga arteri dari mencegah penyakit jantung, mencegah diabetes dan komplikasinya (gagal ginjal).
  7. Alternatif rendah karbohidrat. Satu cangkir hanya mengandung 5 gram karbohidrat. Dapat menjadi alternatif selain bijian dan kacang-kacangan atau polongan-polongan.
  8. Mudah ditambahkan dalam makanan. Dapat direbus, sup, salad, tumis atau casserole.

Sumber : authoritynutrition.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1660

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top