IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp 8 Cara Meningkatkan Daya Tahan Anak Saat Memulai Sekolah – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Ibu & Anak » 8 Cara Meningkatkan Daya Tahan Anak Saat Memulai Sekolah

8 Cara Meningkatkan Daya Tahan Anak Saat Memulai Sekolah

anak sekolahMemasuki usia sekolah, apalagi bagi anak yang masih kecil, seringkali memunculkan kekhawatiran orang tua, salah satunya dari sisi kesehatan. Kondisi kesehatan anak jadi hal penting agar sekolah tidak terganggu. Beberapa persiapan dapat dilakukan, diantaranya:

  1. Hindari antibiotik jika tidak perlu. Sekitar 75% sistem kekebalan tubuh terletak di usus setiap manusia, maka penggunaan antibiotik yang tidak tepat, akan menurunkan kerja mikobiota usus, sehingga akan mengganggu kekebalan tubuh.
  2. Menambahkan makanan kaya probiotik. Untuk menyehatkan usus, perkenalkan anak dengan makanan kaya probiotik. Jenis makanan ini biasanya difermentasi misalnya saurkreut, kefir, yogurt, tempe, atau bahkan sekarang sudah ada permen karet probiotik jika anak pilih-pilih makanan.
  3. Perbaiki waktu tidur. Saat sekolah bisa mengubah jadwal tidur harian. Sebagian anak mungkin bisa tidur antara 10 sampai 14 jam, namun bisa juga kurang. Jangan sampai anak begadang supaya tidak terlambat sekolah dan daya tahan tubuh tidak menurun.
  4. Ganti gula dengan permen peningkat imun.  Makanan yang mengandung banyak gula akan mengubah mikroba baik di usus dan membiarkan mikroba jahat berkembang. Kurangi atau ganti makanan/minuman yang mengandung gula misalnya dengan pemanis stevia, atau buah-buahan yang bermanfaat mengandung tinggi vitamin C dan antioksidan.
  5. Suplementasi dengan kolostrum. Bisa didapat dari kolostrum sapi atau kambing yang memperoleh makanan dari rumput alami. Bisa juga dikombinasikan dengan yogurt, kefir, smoothies.
  6. Bermain di luar rumah. Vitamin D diperoleh dari sinar matahari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin ini juga berperan dalam penyakit autoimun misalnya diabetes tipe 1 dan inflammatory bowel disorders (inflamasi gangguan usus) yang memperbaiki gejala dengan meningkatkan kadar darah putih. Lakukan aktivitas diluar bersama anak misalnya bermain, berolahraga, berkebun.
  7. Perbanyak konsumsi sayuran. Sayuran sangat penting menyediakan antioksidan juga sebagai bagian dari detoks harian tubuh. Sayuran mengandung vitamin B kompleks yang berperan meningkatkan kemampuan anak  untuk detoks dan akan menjaga sistem kekebalan tubuh mereka berjalan optimal.
  8. Gunakan minyak essensial. Eucalyptus dan oregano memiliki kemampuan antibakteri dan modulasi kekebalan tubuh.

Sumber : mindbodygreen

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top