You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 6 Tips Merawat Ginjal

6 Tips Merawat Ginjal

ginjal3Ginjal adalah organ tubuh penting yang berhubungan dengan kantung kemih. Fungsi ginjal juga untuk menyaring air (urin), racun, mineral dalam tubuh kita. Jika satu saja fungsi terganggu, maka akan jadi masalah. Salah satu gangguan yang bisa terjadi yaitu inkontinensia. Inkontinensia adalah kondisi dimana seseorang tidak bisa mengontrol kandung kemih sehingga tiba-tiba keluar urine. Berikut adalah beberapa tips menjaga ginjal agar tetap sehat :

  1. Pantau terus tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi diatas 140/90 memicu gagal ginjal. Seorang yang memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya berhati-hati, usahakan tekanan darah normal, terutama jika memiliki riwayat keluarga dengan hipertensi.
  2. Berhenti merokok. Merokok meningkatkan 50% resiko terkena kanker ginjal. Merokok memperlambat aliran darah ke ginjal dan jika tidak ada aliran darah yang cukup, fungsi ginjal akan
  3. Obat-obatan. Ibuprofen atau obat anti nyeri yang diminum selama bertahun-tahun dapat merusak ginjal. Berkonsultasilah dengan dokter jika memang harus minum anti nyeri dalam jangka panjang.
  4. Membatasi asupan gula dan garam terlalu tinggi. Hal ini terjadi pada penderita diabetes yang lama kelamaan dapat mengalami komplikasi gagal ginjal. Penderita diabetes sebaiknya mengkontrol asupan gula-garam untuk keseimbangan kadar gula darah dan tekanan darah. Kandungan garam total yang dianjurkan adalah maksimal dibawah 5 gram/hari. Tidak mengkonsumsi makanan cepat saji atau olahan yang kebanyakan tinggi garam.
  5. Minum air yang cukup. Minum setidaknya 2 liter air per hari untuk mengeluarkan garam/natrium yang berlebihan, urea dan racun dari tubuh, termasuk mencegah kerusakan ginjal kronis.
  6. Tetap aktif/ berolahraga. Olahraga membantu menstabilkan atau menurunkan tekanan darah. Jika tekanan darah terawat dengan baik, penyakit gagal ginjal kronis dapat dicegah. Olahraga yang bisa dilakukan misalnya jalan kaki cepat atau yoga, baik untuk pemula atau yang sudah lama tidak rutin berolahraga.

Sumber : health24.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1805

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top