You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 5 tips cara mengurangi konsumsi gula

5 tips cara mengurangi konsumsi gula

makanan manisMakanan manis yang mengandung gula memang disukai dan membuat ketagihan. Tanpa disadari tingginya konsumsi gula mempunyai dampak buruk bagi kesehatan. Untungnya, saat ini banyak orang yang sudah mulai aware dan berusaha menghindari kelebihan gula.

Tahun 1989, WHO merekomendasikan penggunaan atau konsumsi gula harian hanya sekitar 10% asupan kalori. Namun pada tahun 2015 ditinjau ulang dengan mengurangi batas tertinggi asupan gula yaitu menjadi 5% total kalori. Hingga saat ini, tercatat sekitar 75% makanan diluar rumah mengandung tinggi gula dan gula olahan. Sebaiknya konsumsi gula dibatasi, agar tidak menjadi candu. Ada 5 tips yang bisa diterapkan bagi diri sendiri, yaitu:

  1. Tulis apa yang dimakan.

Menulis apa yang dimakan menjadi cara yang bertanggung jawab dan tidak berbohong atas apa yang dimakan, diminum dan dapat membangun rutinitas makan yang baru. Tetapkan tujuan kecil dengan menulis jurnal, lalu rencanakan dan lakukan secara bertahap.

  1. Membakar tubuh.

Makanan dengan gizi seimbang antara makro dan mikro nutrisi tidak jomplang. Protein membantu tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga membantu menurunkan peningkatan nafsu makan, terutama saat nyemil tengah malam. Cobalah tips kecil misalnya makan yogurt atau segenggam kacang saat lapar malam hari. Karbo dibagi dalam 3 bagian: gula, pati, serat. Makanlah pati kompleks dan serat yaitu buah, sayur, kacang dan bijian utuh.

  1. Memanfaatkan minyak esensial.

Minyak esensial dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa kecanduan gula. Riset pernah dilakukan oleh Dr. Alan Hirsch tentang hubungan antara kecanduan dengan minyak esensial, yang menemukan peppermint dapat mengendalikan rasa lapar. Hal ini dapat menjadi salah satu cara meningkatkan vitalitas energy dengan tidak kecanduan gula. Aroma lain yang manfaatnya sama yaitu lada hitam, bergamot, cassia, kayu manis, cengkeh, adas, jeruk bali, lemon, marjoram, dan oranye liar.

  1. Mengalihkan perhatian.

Kecanduan manis memang tidak mengenakkan. Pagi-pagi cobalah untuk minum segelas air saat bangun. Lalu teteskan 1 atau 2 tetes minyak esensial ke kerah baju sebelum berangkat beraktivitas. Jika ada waktu luang, berolahragalah. Olahraga membantu membuka pikiran menjadi fokus dan selaras, mampu mengalihkan hal yang tidak baik. Yoga dan persuasi berhenti gula dapat membantu mengurangi kecanduan.

  1. Selalu deringkan sedikit makan gula dalam pikiran.

Memanjakan diri sesekali dengan gula dan olahannya mungkin biasa, namun tidak juga boleh keseringan. Gula memang bisa menurunkan tingkat stress, tapi sifatnya hanya sementara. Selalu alihkan dengan alternatif kegiatan atau dengan aroma terapi. Lalukan perubahan mindset/pikiran

Sumber : mindbodygreen

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1823

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top