IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND 4 Suplemen Penambah Berat Badan – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 4 Suplemen Penambah Berat Badan

4 Suplemen Penambah Berat Badan

cara-menambah-berat-badanMempunyai berat badan normal dan ideal adalah impian setiap orang. Meski menurunkan berat badan menjadi program yang digandrungi oleh masyarakat dunia, namun tak sedikit orang yang ingin menaikkan berat badan.

Ada juga orang yang ingin membentuk badannya menjadi sedikit berotot, kuat dan sehat. Makanan dan olahraga menunjang untuk meningkatkan berat badan, sedangkan suplemen membantu menyediakan protein dan kalori jika seseorang melakukan olahraga lebih keras. Setidaknya terdapat 4 suplemen yang dapat meningkatkan berat badan.

Protein adalah komponen penting otot. Riset membuktikan, orang dewasa yang ingin menaikkan massa otot dengan olahraga dan mengkonsumsi suplemen protein sebagai bagian dari makanan mereka. Institute of Medicine menyarankan bahwa 10–35% dari kalori harian harus berasal dari protein. Banyak periset menyarankan kebutuhan harian protein untuk meningkatkan massa otot sekitar 1,4-2,0 gram per kg berat badan. Konsumsinya bisa berupa serbuk atau bar. Hanya, pastikan jika konsumsi suplemen protein, harus diimbangi dengan berolahraga.

  1. Kreatin

Kreatin sudah ada di dalam tubuh dan jika ditambahkan dari suplemen, kreatin dalam otot akan meningkat dengan cepat. Riset banyak menunjukkan, suplemen kreatin meningkatkan kinerja olahraga dan penambahan otot dari waktu ke waktu. Konsumsi kreatin pertama kali selama 5 sampai 7 hari biasanya dengan dosis 20 gram dibagi dalam beberapa kali/hari. Kemudian dosis selanjutnya sekitar 3 sampai 5 gram/hari tanpa batas waktu. Kreatin monohidrat banyak digunakan dalam suplemen.

  1. Penambah berat badan

Suplemen digunakan pada orang yang susah sekali naik berat badan dan membutuhkan jumlah kalori tinggi. Kelebihan produk ini adalah mudah dibawa saat bepergian. Dalam satu kali sajian bisa megandung 1250 Kalori, 252 gram karbo, 50 gram protein.

  1. Suplemen olahraga

Harus dikonsumsi berbarengan dengan olahraga.

  1. Suplemen lainnya. Ada beberapa suplemen yang dapat membakar lemak dan meningkatkan masa otot dari waktu ke waktu, yaitu:
  2. Kafein. Mampu meningkatkan kinerja olahraga yang seiring waktu akan meningkatkan kerja otot. Namun perlu ditambahkan dengan asupan kalori dan protein yang tinggi.
  3. Citrulline. Asam amino yang diproduksi tubuh dan bisa ditemukan dalam makanan. Fungsinya untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Riset membuktikan kekuatan sejumlah olahraga dalam satu sesi dapat meningkat ketika minum suplemen ini. Lama kelamaan jika suplementasi berlanjut, maka kekuatan otot akan meningkat.
  4. Beta Alanin.Asam amino yang diproduksi alami oleh tubuh, membantu otot melawan kelelahan selama berolahraga. Riset menunjukkan Beta Alanin membantu meningkatkan kerja olahraga secara intensif dan menguatkan otot.
  5. Beta-hydroxy beta-methylbutyrate (HMB). Merupakan molekul yang diproduksi ketika leusin asam amino dipecah dalam tubuh. Selain itu, MHB dapat membantu mengurangi pemecahan protein otot dan meningkatkan penambahan otot.

Namun ada juga suplemen yang tidak efektif walau diklaim dapat meningkatkan massa otot. Diantaranya:

  1. Branched-chain amino acids (BCAA) hampir ditemukan dalam semua makanan sumber protein. Jadi tidak perlu lagi konsumsi suplemennya.
  2. Penguat testosteron. Termasuk di dalamnya tribulus terrestris, fenugreek, asam D-aspartat, ashwagandha dan DHEA. Menurut riset, penguat testosteron sama sekali tidak efektif meningkatkan massa otot.
  3. Conjugated linoleic acid (CLA) mengacu pada kelompok asam lemak tertentu dengan kemungkinan manfaat kesehatan. Hanya dapat membantu menurunkan berat badan, tapi tidak untuk meningkatkan massa otot.

Sumber : Healthline.com

(ast/bt)

 

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1903

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top