You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Wanita » Hindari Keriput Wajah Dengan Cara Sederhana

Hindari Keriput Wajah Dengan Cara Sederhana

cara-menghilangkan-kerutan-di-wajahOperasi bedah kosmetik, cara praktis dalam memenuhi hasrat mempunyai wajah mulus seolah menjadi tren sekarang ini. Meski banyak yang memilih jalan pintas ini namun tak sedikit juga yang masih mempertahankan cara sederhana untuk memelihara kulit wajah dan mencegah keriput.

Selain sinar UV matahari yang mempunyai pengaruh yang sangat besar, pilihan gaya hidup yang tidak baik seperti : alcohol, merokok, kurang olahraga dll juga berpengaruh terhadap munculnya keriput pada wajah.

Menurut Dr Julian De Silvia ahli bedah kosmetik, setidaknya ada 10 cara mencegah keriput yaitu :

  1. Konsumsi Tinggi Gula

Diet tinggi gula dan karbohidrat seperti roti, nasi, kentang dapat menyebabkan glycation pada kulit. Molekul gula menempel pada kolagen dan menyebabkan mereka kehilangan kekuatan dan fleksibilitas, sehingga kulit menjadi kurang elastis dan lebih rentan terhadap kerusakan dari matahari.

  1. Alkohol

2 gelas alcohol/hari menyebabkan dehidarasi kulit sehingga kulit kering dan muncul keriput. Selain alcohol hindari koktail manis. Jika terpaksa harus minum minuman keras, bisa memilih bir yang mengandung antioksidan dan vitamin B seperti niasin dan asam folat. Sedangkan anggur merah mengandung senyawa resveratrol sebagai anti penuaan.

  1. Kurang Tidur

Tidur selama 8 jam merupakan waktu yang paling pas untuk mengembalikan dan menjaga kesehatan kulit agar selalu nampak awet muda. Cukup waktu tidur akan menurunkan hormon stress di malam hari, sehingga memberikan waktu bagi sel untuk meremajakn diri.

  1. Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Hal ini sangat berbahaya karena akan menghilangkan beberapa lemak alami wajah sehingga wajah menjadi tirus.

  1. Jerawat

Ketidakseimbangan hormon bahkan pada wanita diatas usia 40 tahun menyebabkan munculnya jerawat. Rajin-rajinlah membersihkan wajah dan gunakan pelembab khusus sekali sehari. Hindari memencet jerawat karena hanya akan menyebabkan infeksi dan jaringan parut.

  1. Tidur Masih ber MAKE UP

Sepanjang hari, polusi lingkungan menempel pada kulit dan masuk ke dalam pori-pori yang dapat menyebabkan masalah pada kulit.

  1. Terlalu Banyak Menggunakan Kosmetika

Menggunakan beberapa produk pada saat yang sama seperti pelembab, serum, toner dank rim malam justru akan menimgkatkan risiko iritasi yang mempercepat usia kulit.

  1. Matahari

Matahari merupakan penyebab utama penuaan kulit khususnya pada musim panas, bahkan ketika musim hujan dan salju, sinar UV mampu menembus kulit sekalipun terhalang oleh kaca. Maka penting untuk menggunakan tabir surya saat di dalam ruangan sekalipun.

  1. Kurang Olahraga

Olahraga sedang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan imun tubuh sehingga wajah terlihat awet muda.

  1. Merokok

Berhenti atau setidaknya batasi merokok tidak lebih dari 5 batang rokok/hari agar sel kulit mampu meremajakan diri . Jika tidak, masalah kulit menjadi lebih ireversibel jika semakin lama meninggalkan rokok. Sifat beracun pada rokok (karbon monoksida, sianida, tar, formaldehida dan bahan kimia lainnya) memaksa otak untuk mengalihkan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit ke tempat lain. Nikotin juga mengurangi aliran darah ke lapisan kulit dermis. Perubahan kulit akan terjadi dalam waktu enam minggu jika berhenti merokok.

 

Sumber : daily mail

(bt)

 

 

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1660

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top