You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Wanita » Gejala Umum HIV pada Wanita

Gejala Umum HIV pada Wanita

HIV bukan lagi penyakit yaciri-gejala-hiv-aidsng tersembunyi. Dengan jutaan penderita diseluruh dunia, penyakit ini tidak hanya menginfeksi pria, tapi juga wanita. Tidak banyak pula wanita tahu, bagaimana sebenarnya tanda/gejala awal HIV bagi mereka.

 

  1. Gejala awal.

Pada beberapa minggu terinfeksi HIV, tidak banyak wanita yang mengalami asimptomatik. Beberapa wanita ada juga yang mengalami gejala seperti demam, flu ringan, sakit kepala, seperti kurang energi. Umumnya gejala akan hilang dalam beberapa minggu. Dalam kasus lain, gejala muncul hingga puluhan tahun dan menjadi penular tanpa sadar.

2. Ruam kulit

Sekitar 90% orang dengan HIV positif megalami gangguan kulit. Misalnya sangat sensitif terhadap cahaya dan iritasi terhadap sinar matahari. Ruam berbentuk merah datar berpola, benjolan kecil atau bersisik. Luka atau lesi, bisa terbentuk pada kulit disekitar mulut, alat kelamin dan anus. Lesi ini sulit untuk diobati. Orang dengan HIV juga berisiko tinggi terhadap herpes dan herpes zoster. Namun dengan pengobatan yang tepat, bisa mengurangi keparahan gangguan kulit.

3. Pembengkakan kelenjar

Tugas kelenjar getah bening adalah menangkis serangan infeksi dengan menyimpan sel imun dan menyaring zat berbahaya. Ketika infeksi HIV mulai menyebar, sistem kekebalan tubuh bereaksi sehingga terjadi pembengkakan. Pada orang dengan HIV, pembengkakan ini bisa berlangsung hingga beberapa bulan.

4. Infeksi

HIV menyebabkan sistem kekebalan tubuh kesulitan untuk melawan kuman, sehingga mempermudah infeksi oportunistik terjadi. Beberapa di antaranya pneumonia, tuberkulosis dan hepatitis C. Orang dengan HIV lebih rentan terhadap infeksi kulit, mata, paru-paru, ginjal, saluran pencernaan dan otak. Bahkan  juga lebih sulit untuk mengobati penyakit umum seperti flu. Dengan sering mencuci tangan, minum rutin obat HIV akan membantu mencegah beberapa penyakit infeksi oportunistik terjadi.

5. Demam dan berkeringat di malam hari

Orang yang terinfeksi HIV mengalami demam ringan  yang panjang, dengan suhu  37,6 ° C dan 38,2 ° C. Tubuh akan  mengalami demam ketika ada sesuatu yang salah, tetapi penyebabnya tidak selalu jelas. Sayangnya hanya sedikit orang yang menyadari status positif HIV, sehingga orang terlalu  mengabaikan gejala. Terkadang, keringat di malam  hari dapat mengganggu tidur dan menyertai demam.

6. Masalah kesehatan reproduksi

Wanita dengan HIV cenderung memiliki masalah yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi, termasuk perubahan siklus menstruasi mereka atau tidak adanya periode. Infeksi bakteri dan ragi mungkin lebih umum pada wanita yang HIV-positif. Mereka juga mengalami penyakit misalnya klamidia, trikomonas, gonorea, human papillomavirus (HPV), yang dapat menyebabkan kutil kelamin atau bahkan kanker serviks. Perempuan positif HIV juga rentan terhadap penyakit radang panggul yang persisten.

7. Gejala dapat terus berlanjut

Setelah virus menyerang, penderita bisa saja mengalami diare, mual, muntah, penurunan berat badan. Gejala lain termasuk sakit kepala parah, nyeri sendi, dan nyeri otot. Sesak napas, batuk kronis dan kesulitan menelan yang tidak biasa. Lalu, HIV dapat menyebabkan hilangnya memori jangka pendek, kebingungan mental dan koma. Berikutnya dapat berkembang menjadi AIDS.  Pada tahap ini, sistem kekebalan tubuh terancam dan infeksi menjadi semakin sulit untuk dilawan. Wanita dengan AIDS berada pada risiko kanker  agresif yang sulit untuk diobati.

HIV ditularkan melalui cairan tubuh, misalnya karena penggunaan jarum suntik bersama dan hubungan seksual. Sehingga tidak berbagi jarum dan berhubungan dengan menggunakan kondom dapat disarankan. Jika pasca hubungan menggunakan vaginal douche/pembersih vagina, sama sekali tidak berpengaruh terhadap penularan virus, bahkan menganggu keseimbangan flora di vagina dan meningkatkan resiko penyakit menular seksual. Jadi, hindarilah semua resiko.

Sumber : healthline

(ast/bt)

 

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

beauties beauties indonesia kecantikan jual kosmetik jual produk makeup jual skincare jual produk kecantikan sweety sweety inodnesia perlengkapan bayi jual produk bayi jual produk balita perlengkapan balita popok sweety newborn popok sweety gold pants jual popok sweety perlengkapan komputer jual hp jual laptop jual smartphone jual server jual printer jual scanner jual vga jual monitor jual software perlengkapan elektronik IDB IDB INDONESIA perlengkapan Olahraga jual sepatu footsal jual raket badminton jual raket bulutangkis Toko Alat Olahraga perlengkapan Olahraga & Sport peralatan fitness ISG ISG INDONESIA Infinity Sport Group jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual suplemen dan vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia outfit outfit indonesia jual baju online jual baju wanita jual baju pria jual baju jual sepatu online jual sepatu wanita jual sepatu pria jual sepatu jual tas online jual tas wanita jual tas pria jual tas jual celana online jual celana wanita jual celana pria jual celana IDBEON ID BEON ID Beyond Digitech Digitech Indonesia Evelyn Mode Baby Dress Pakaian Anak Digital Marketing Indonesia Digital Marketing Digital Agency Digital Agency Indonesia Jasa Design Jasa Buat Logo Jasa SEO Jasa Pembuatan Website Jasa Pembuatan Ecommerce Jasa Pembuatan Toko Online Jasa Sosial Media IMG Indonesia Internet Marketing Group Media Gaya Hidup Pria Modern Jual Obat Kuat Jual Tas Pria Jual Pakaian Pria Jual Sepatu Pria Jual Jam Pria Men Indonesia Fasion Pria Jual Obat Pria Dewasa Jual Obat Kuat Pria Herbal Jual Obat Kuat Lelaki Jual Obat Kuat Pria Original Jual Obat Kuat Perkasa
Scroll to top