You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Wanita » Fakta-Fakta Metabolisme Wanita

Fakta-Fakta Metabolisme Wanita

wanita aktifMetabolisme seorang wanita akan mulai berubah ketika menginjak usia 30 tahun sehingga akan melambat seiring bertambahnya usia. Meski tidak ada yang bisa menghindarinya, namun masih bisa merubah kebiasaan hidup agar lebih sehat dari waktu ke waktu.

  1. Kompleksnya proses metabolisme tubuh dalam mengubah kalori menjadi energi

Kalori yang dibakar sangat tergantung pada kegiatan yang dilakukan, metabolisme basal (saat tidak melakukan kegiatan apapun, misalnya hanya tidur-tiduran). Semuanya diatur oleh hormon, selain tergantung pada genetika, usia, jenis kelamin, komposisi tubuh hingga cara menyimpan lemak.

  1. Usia 30 menjadi patokan rata-rata, namun bisa lebih dari itu

Keterlambatan waktu bisa saja terjadi. Rata-rata wanita mengalami menopause di usia 50 tahun. Setelah itu beberapa hormon penting pengatur metabolisme yang berhubungan dengan estrogen akan terpengaruh.

  1. Seiring bertambah usia, wanita mudah kehilangan massa otot

Produksi hormon pituitari yang merangsang pertumbuhan sel, berkurang seiring bertambah usia. Hormon yang digunakan untuk produksi massa otot menurun, sehingga pemecahan kalori menurun. Hal ini terjadi juga karena pertambahan usia dan peradangan sehingga terjadi sarkopenia (kehilangan otot karena usia), pertumbuhan/perbaikan otot jadi lambat. Metabolisme massa otot lebih cepat dibanding lemak, sehingga tubuh membakar sedikit kalori.

  1. Penambahan berat badan dimulai umur 30 an.

Metabolisme wanita menurun mulai usia 30 atau 40 an. Perubahan gaya hidup semakin mempercepat perubahan hormon. Kasus lain misalnya karena melahirkan. Perubahan pola makan juga berpengaruh.

  1. Aktif secara fisik membuat metabolisme akan bekerja cepat dalam jangka waktu lama

Jika ada seorang wanita yang mempunyai genetic bagus tanpa perlu berolahraga, itu sebuah keberuntungan. Namun seorang wanita sebaiknya tetap aktif secara fisik untuk menjaga massa otot, menjalani juga pola diet yang baik. Hasilnya, melambatnya metabolisme bisa saja terjadi pada usia tua, sekitar 60 sampai 70 tahun.

Sumber : self.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1805

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top