IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp 7 CARA BIJAK BEROBAT YANG BAIK – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » 7 CARA BIJAK BEROBAT YANG BAIK

7 CARA BIJAK BEROBAT YANG BAIK

Jika anda atau kerabat anda jatuh sakit, pertolongan pertama yang anda lakukan adalah dengan memberikan obat yang bisa dibeli bebas ataupun pergi ke dokter. Namun sesungguhnya tidak semua peyakit harus dilawan dengan obat, terkadang rasa sakit adalah sebuah sinyal tubuh agar anda lebih peduli terhadap kesehatan tubuh anda. Tidak melulu obat dapat menyelesaikan masalah, malah terkadang dapat menyebabkan dampak yang lebih buruk bagi tubuh sendiri. Untuk itu upayakan selalu tubuh anda terhindar dari obat-obat kimia yang menghantui kesehatan anda. Berikut adalah 7 cara bijak berobat yang baik :
Tidak semua keluhan sakit memerlukan obat

Bagaimanapun obat adalah racun jika salah alamat dan dipakai secara berlebihan. Betapapun ringannya obat, pasti ada efek buruknya bagi tubuh. Orang Amerika sudah jera terhadap obat sakit kepala yang dulu sering dikonsumsi. Ternyata efek samping dari obat sakit kepala ini menyebabkan kerusakan pada organ ginjal dan hati.
Tidak semua obat menyembuhkan penyakit

Prinsip penggunaan obat memperhitungkan unsur manfaat. Jika masih punya manfaat, efek buruk obat boleh dilupakan.Tapi jika minum obat tidak memberi manfaat, orang cuma memikul efek buruknya. Banyak pasien kanker tidak mau diberi obat, sebab efek buruk obat kanker dianggap menyengsarakan karena membuat rambut rontok, kulit jelek, dan sel darah rusak.
Tidak semua obat dalam resep harus diterima

Jika obat yang diberikan berfungsi untuk meringankan keluhan dan penderitaan pasien, maka jenis obat ini sebetulnya tidak perlu, jika pasien masih bisa tahan dengan keluhannya. Yang lebih perlu tentu obat pokok. Obat ini yang membasmi atau meniadakan sumber penyakitnya. Kalau infeksi, ya, antibiotiknya atau kalau darah tinggi, ya, penyebab darah tingginya, dll.
Kebanyakan obat dapat menimbulkan penyakit baru

Kasus kesalahan pihak dokter dalam memberi obat atau iatrogenic menjadi pembicaraan masyarakat modern. Kini, semakin banyak kasus orang sakit akibat kebanyakan obat yang tidak perlu. Penyakit iatrogenic sedang dicemaskan masyarakat yang sadar akan bahaya obat.
Tidak Semua Obat Harus Dihabiskan

Tidak semua obat yang diberikan dokter perlu dihabiskan. Obat jenis simptomatik, yaitu untuk meredakan keluhan dan gejala pasti tidak perlu dihabiskan. Hanya diminum kalau keluhan dan gejalanya masih ada atau muncul lagi. Akan tetapi untuk jenis antibiotik harus dihabiskan, bila tidak penyakit bisa berulang dengan tingkat yang lebih parah.
Tidak Setiap Kali Sakit Perlu ke Dokter

Penyakit harian seperti batuk, pilek, mulas, pening, pusing atau mual biasanya akan sembuh sendiri walaupun tidak diobati. Tubuh kita punya mekanisme penyembuhannya yang besar. Intervensi obat yang terlalu cepat atau berlebihan justru mengganggu mekanisme alamiah tubuh. Seseorang perlu ke dokter apabila keluhan dan gejala yang sama tidak hilang sampai beberapa hari dan berkembang progresif (bertambah berat)
Banyak upaya pencegahan bisa dilakukan

Motto lebih baik mencegah daripada mengobati harus diingat kembali. Ketika tubuh mulai terasa kurang enak, stop kerja berat, makan makanan yang lebih banyak mengandung protein (daging, ikan, susu, telur), dan beristirahat lebih banyak atau lebih sering. Banyak penyakit yang menyerang orang yang tubuhnya sedang lemah. Semua penyakit virus, termasuk demam berdarah (yang kini cenderung menyerang orang dewasa juga, selain anak-anak), cacar air, herpes zoster dan herpes simpleks mulut, flu, dan banyak penyakit perut disebabkan oleh virus dari jajanan dan lingkungan yang kotor.
Yang bisa dilakukan hanya membuat tubuh lebih kuat dengan makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan olahraga untuk melawan semua ancaman itu. Jika tubuh terasa loyo, mungkin diperlukan vitamin C, E, dan mineral lebih banyak, selain buah dan sayur-sayuran.

About The Author

Number of Entries : 50

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top