IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp 5 Tes Kesehatan Yang Perlu Untuk Pria – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Pria » 5 Tes Kesehatan Yang Perlu Untuk Pria

5 Tes Kesehatan Yang Perlu Untuk Pria

tes kesehatan priaKesehatan memang perlu dijaga oleh siapapun tanpa kecuali, dilakukan secara rutin dan berkala. Banyak metode tes kesehatan yang ditawarkan dan mudah dilakukan. Bahkan beberapa diantaranya menggunakan teknik digital.

Tes kesehatan penting dilakukan untuk mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan setiap hari. Nah khususnya bagi pria, beberapa tes kesehatan berikut ini dianjurkan untuk dilakukan :

  1. Kolesterol. The American Heart Association menyatakan sebaiknya seseorang memeriksakan kolesterolnya setiap 4-6 tahun sekali ketika mencapai usia diatas 20 tahun. Apalagi bagi yang mempunyai riwayat keluarga dengan penyakit jantung, diabetes dan kolesterol. Periksa HDL (kolesterol baik), LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida.
  2. Tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan organ dan kematian. Minimal periksalah tekanan darah dua tahun sekali, maksimalnya sebulan sekali. Jika tekanan darah tinggi, sebaiknya kurangi makanan tinggi natrium, olahraga secara teratur dan minum obat.
  3. Tes kanker usus besar/kolorektal. CDC mencatat di Amerika sekitar 52.000 orang/tahun meninggal karena kanker. Sekitar 60% kejadian kematian bisa ditekan jika melakukan screening awal maksimal di usia 50 tahun terutama bagi yang punya riwayat keluarga dengan peradangan usus, kanker dan polip usus.
  4. Penyakit menular seksual. Jika pria aktif secara seksual, tidak ada salahnya memeriksa kesehatan organ seksual. Walaupun seorang pria sudah melakukan monogami, PMS atau bahkan bibit virus HIV sangat mungkin masih ada setelah bertahun-tahun. CDC merekomendasikan pada usia 13-65 tahun untuk melakukan test HIV setidaknya sekali seumur hidup. Namun jika sering berbagi jarum suntik atau seks, sebaiknya melakukan tes ksesehatan pertahun.
  5. Uji prostat. Bertujuan untuk mendeteksi dini kanker prostat walau biaya tes cukup mahal. Umumnya dilakukan pada usia 50 tahun terutama yang mempunyai resiko riwayat keluarga

Sumber : cheatsheet.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top