You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Pentingnya Detoksifikasi Tubuh Pasca Lebaran

Pentingnya Detoksifikasi Tubuh Pasca Lebaran

IMAGES - 02Lebaran merupakan momen yang paling dinantikan oleh umat Muslim setelah bulan Ramadhan berakhir. Selain dapat berkumpul dengan keluarga, lebaran juga identik dengan jadwal kegiatan dan makan yang tidak biasa seperti balas dendam, pada saat itu orang mengonsumsi berbagai makanan berlemak, bersantan dan manis dalam porsi di atas rata-rata harian.

Menurut Dokter spesialis penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, umumnya asupan kalori rata-rata yang kita konsumsi selama lebaran naik tiga kali lipat lebih ketimbang hari biasanya. Untuk satu buah kue kering lebaran ukuran mini saja bisa mengandung lebih dari 50 kalori. Padahal selama perayaan, kita banyak melahap berbagai kue seperti nastar dan kastangel yang umumnya kaya akan mentega, gula, terigu, dan susu.

 

IMAGES - 01Dengan kondisi seperti ini, berbagai penyakit sudah siap menunggu dan penyakit kronik cenderung akan mengalami kekambuhan, bila tidak dapat mengontrol pola makan. Pada pasien penderita diabetes, jenis makanan dan minuman tersebut akan membuat gula darahnya tidak terkontrol. Adapun pada pasien dengan penyakit darah tinggi atau hipertensi cenderung mengalami hiperkolesterol atau asam urat tinggi. Penderita sakit dispepsia (maag) yang sudah sembuh berisiko mengalami kekambuhan karena makan tidak teratur dan mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebihan.

 

Agar kondisi tubuh kembali normal, perlu dilakukan berbagai langkah peluruhan (detoksifikasi) berbagai zat tidak berguna di dalam tubuh usai kita banyak mengonsumsi banyak makanan. Caranya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih sekurang-kurangnya delapan gelas sehari agar meringankan kerja alat pencernaan dan membuat nafsu makan tidak terlalu menggebu. Upaya lain yang bisa dilakukan adalah dengan banyak berolahraga. Dokter Spesialis Gizi Innayah berpendapat “Mengonsumsi banyak makanan berserat seperti sayur dan buah dapat membuat proses pelunturan lemak di tubuh semakin mudah. Normalnya sih pada hari-hari biasa membutuhkan 25 gram serat sehari. Namun untuk menkompensasi asupan makanan berlebih saat lebaran paling tidak membutuhkan minimal 30 gram serat dari lima jenis sayur dan buah berbeda warna. Bila hanya satu maka sama saja tidak maksimal hasilnya.”

 

 

(vie/bt)

 

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

beauties beauties indonesia kecantikan jual kosmetik jual produk makeup jual skincare jual produk kecantikan sweety sweety inodnesia perlengkapan bayi jual produk bayi jual produk balita perlengkapan balita popok sweety newborn popok sweety gold pants jual popok sweety perlengkapan komputer jual hp jual laptop jual smartphone jual server jual printer jual scanner jual vga jual monitor jual software perlengkapan elektronik IDB IDB INDONESIA perlengkapan Olahraga jual sepatu footsal jual raket badminton jual raket bulutangkis Toko Alat Olahraga perlengkapan Olahraga & Sport peralatan fitness ISG ISG INDONESIA Infinity Sport Group jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual suplemen dan vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia outfit outfit indonesia jual baju online jual baju wanita jual baju pria jual baju jual sepatu online jual sepatu wanita jual sepatu pria jual sepatu jual tas online jual tas wanita jual tas pria jual tas jual celana online jual celana wanita jual celana pria jual celana IDBEON ID BEON ID Beyond Digitech Digitech Indonesia Evelyn Mode Baby Dress Pakaian Anak Digital Marketing Indonesia Digital Marketing Digital Agency Digital Agency Indonesia Jasa Design Jasa Buat Logo Jasa SEO Jasa Pembuatan Website Jasa Pembuatan Ecommerce Jasa Pembuatan Toko Online Jasa Sosial Media IMG Indonesia Internet Marketing Group Media Gaya Hidup Pria Modern Jual Obat Kuat Jual Tas Pria Jual Pakaian Pria Jual Sepatu Pria Jual Jam Pria Men Indonesia Fasion Pria Jual Obat Pria Dewasa Jual Obat Kuat Pria Herbal Jual Obat Kuat Lelaki Jual Obat Kuat Pria Original Jual Obat Kuat Perkasa
Scroll to top