You Are Here: Home » Gaya Hidup » USIA BUKAN PENGHALANG TAMPIL PRIMA

USIA BUKAN PENGHALANG TAMPIL PRIMA

Tampil sehat, bugar dan prima adalah dambaan setiap orang. Meski usia beranjak dari angka 20, 30 dan 40 tahun tidak akan mempengaruhi penampilan sehat Anda. Tentu semuanya tidak lantas datang begitu saja namun diperlukan sebuah komitmen yang serius. Yaitu komitmen untuk menjalani dan mempertahankan gaya hidup sehat seperti : mengatur pola makan dan olahraga secara teratur.
Berikut adalah tips untuk mendapatkan dan mempertahankan hidup sehat sesuai dengan usia Anda :

 
Usia 20-an
Pada usia ini setiap orang mampu melakukan aktivitas apa saja dan kapan saja. Inilah usia yang tepat untuk membiasakan hidup sehat. Fungsi metabolisme tubuh masih sangat baik sehingga mampu membakar kalori dan lemak dengan cepat sehingga mampu membentuk tubuh idaman Anda. Olahraga yang tepat pada usia ini, the American Colege of Spot Medicine’s menyarankan untuk berlatih aerobik 3-5 kali/minggu (selama 20-60 menit). Latihan beban 2-3 kali seminggu untuk memperkuat jantung, memperkuat kerangka tubuh, meningkatkan massa otot yang akan melindungi persendiaan yang lemah seperti sendi bahu dan lutut.
Perbanyak konsumsi makanan sumber kalsium, produk olahan susu, buah-buahan dan sayuran hijau.

 
Usia 30-an
Jika pada usia 20-an adalah masa pembentukan maka pada usia 30-an inilah Anda dapat menikmati hasilnya. Dengan berjalan kaki, mendaki bukit atau bersepeda selama 1-2 jam seminggu sekali mampu mempertahankan tubuh yang prima ini. Sebuah penelitian di University of Uslter, Northern Ireland, menunjukkan bahwa para wanita yang berjalan kaki cepat selama 10 menit sebanyak 5 kali seminggu, mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan mereka yang hanya berjalan kaki secara perlahan selama 30 menit 5 kali dalam seminggu. Yang tidak kalah penting adalah dengan latihan beban guna mengatasi lemak yang mudah muncul di usia 30-an. Pusatkan pada lengan, punggung, pinggang, perut dan kaki sebanyak 2-3 kali seminggu.
Pada usia ini, Anda sudah harus membatasi asupan lemak tinggi kalori sekitar 10 kalori, perbanyak buah-buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan. Jangan lupa kecukupan akan serat perlu juga diperhatikan yaitu sekitar 20-35 gram setiap hari. Disarankan untuk mengkonsumsi multivitamin setiap hari untuk memenuhi kekurangan zat makanan.

 
Usia 40-an
Olah raga yang dianjurkan pada usia ini tentunya tidak sama dengan yang biasa dilakukan pada usia sebelumnya. Lebih disarankan untuk mengubah latihan menjadi jenis low impact seperti berenang dan jalan kaki. Walau begitu latihan aerobik selama 20-60 menit sebanyak 3-5 kali seminggu serta 2-3 kali latihan beban juga dianjurkan untuk mempertahankan massa otot dan kekuatan tulang selama masa premenopause.
Pola makan pada usia 40-an harus extra dijaga asupannya. Diet rendah lemak dan konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral dan serat perlu diperhatikan. Selain itu kecukupan akan kebutuhan air juga penting. Debra Wein, R.D., yang merupakan salah satu pendiri lembaga konsultasi nutrisi, the Sensible Nutrition Connection, di Boston mengatakan bahwa : Seiring bertambahnya usia menyebabkan kesadaran tubuh akan kebutuhan air (perasaan haus) berkurang, padahal tubuh tetap membutuhkan cairan dalam jumlah yang cukup. Karenanya usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas sehari terutama saat olahraga.
Sumber : Majalah Fit

About The Author

Number of Entries : 50

Comments (1)

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

beauties beauties indonesia kecantikan jual kosmetik jual produk makeup jual skincare jual produk kecantikan sweety sweety inodnesia perlengkapan bayi jual produk bayi jual produk balita perlengkapan balita popok sweety newborn popok sweety gold pants jual popok sweety perlengkapan komputer jual hp jual laptop jual smartphone jual server jual printer jual scanner jual vga jual monitor jual software perlengkapan elektronik IDB IDB INDONESIA perlengkapan Olahraga jual sepatu footsal jual raket badminton jual raket bulutangkis Toko Alat Olahraga perlengkapan Olahraga & Sport peralatan fitness ISG ISG INDONESIA Infinity Sport Group jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual suplemen dan vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia outfit outfit indonesia jual baju online jual baju wanita jual baju pria jual baju jual sepatu online jual sepatu wanita jual sepatu pria jual sepatu jual tas online jual tas wanita jual tas pria jual tas jual celana online jual celana wanita jual celana pria jual celana IDBEON ID BEON ID Beyond Digitech Digitech Indonesia Evelyn Mode Baby Dress Pakaian Anak Digital Marketing Indonesia Digital Marketing Digital Agency Digital Agency Indonesia Jasa Design Jasa Buat Logo Jasa SEO Jasa Pembuatan Website Jasa Pembuatan Ecommerce Jasa Pembuatan Toko Online Jasa Sosial Media IMG Indonesia Internet Marketing Group Media Gaya Hidup Pria Modern Jual Obat Kuat Jual Tas Pria Jual Pakaian Pria Jual Sepatu Pria Jual Jam Pria Men Indonesia Fasion Pria Jual Obat Pria Dewasa Jual Obat Kuat Pria Herbal Jual Obat Kuat Lelaki Jual Obat Kuat Pria Original Jual Obat Kuat Perkasa
Scroll to top