You Are Here: Home » Gaya Hidup » Risiko Kesehatan dari Sekaleng Minuman Soda…..

Risiko Kesehatan dari Sekaleng Minuman Soda…..

meds026872-300x300

Menurut sebuah studi baru dari Jepang, perempuan yang mengkonsumsi minuman soda hampir setiap hari memiliki faktor risiko 83% menderita stroke lebih tinggi dibandingkan wanita yang jarang minum soda dan minuman manis lainnya. Hasil penelitian lain juga dampak negatif minuman soda terhadap kesehatan, seperti : serangan jantung, obesitas, stroke dan diabetes. Sama halnya dengan penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition peningkatan risiko stroke tersebut berhubungan dengan metabolisme gula atau karbohidrat sehingga berdampak pada peningkatan berat badan, gula darah, lemak, dan hipertensi.

Hal serupa juga diperkuat dengan pernyataan dari International Journal of Clinical Practice tentang efek negatif yang dapat mengganggu kesehatan bagi pecandu minuman soda, yaitu :spl013589-200x300

  1. Obesitas. Penggemar soda paling rentan mengalami kenaikan berat badan dan cenderung menjadi gemuk. Sebagian besar minuman soda mengandung 180-200 kalori per kalengnya atau setara 350 ml. Tidak ada kandungan nutrisi atau mineral lainnya selain gula dan kafein.

  2. Dehidrasi. Soda bersifat diuretik atau dapat meningkatkan produksi urin. Sifat diuretik inilah yang membuat cairan di dalam tubuh banyak keluar melalui urin. Jika tidak diimbangi dengan asupan air putih maka tubuh akan kehilangan banyak cairan, dan mengakibatkan dehidrasi ringan sampai berat.

  3. Risiko Osteoporosis. Kandungan asam fosfat dalam soda yang memberi sensasi kesegaran ternyata dapat mengurangi kepadatan tulang. Akibatnya, tulang menjadi lebih rentan dan membentuk lubang seperti pori-pori dan memicu risiko radang sendi dan osteoporosis. Studi Harvard tentang kejadian patah tulang (fraktur) pada atlet remaja usia 14 tahun, menemukan hubungan yang kuat antara konsumsi minuman soda dan kejadian patah tulang. Gadis-gadis yang sering mengkonsumsi minuman soda berisiko mengalami kejadian patah tulang 5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan remaja lain yang tidak mengkonsumsi soda.

  4. Kerusakan email gigi dan erosi lapisan lambung. Kandungan asam sitrat pada minuman soda, jika dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan korosi pada gigi dan risiko erosi pada lapisan lambung. Hal itu dibuktikan dengan hasil penelitian yang dimuat dalam General Density Journal yangmengatakan bahwa dalam 3 menit pertama saat diminum, soda 10 kali lebih korosif dibandingkan dengan minuman jus.

  5. Insomnia. Satu kaleng soda mengandung 40 mg kafein. Dengan kata lain, jumlah kafein yang ada hampir sepertiga dari satu cangkir kopi biasa. Meski masih banyak perdebatan mengenai manfaat kafein, namun fakta menunjukkan jika konsumsi kafein terlalu berlebihan atau sering, dapat menyebabkan insomnia, meningkatkan tekanan darah tinggi dan mempercepat detak jantung.

beveragesMelihat dampak yang kurang baik bagi kesehatan, para peneliti menghimbau kepada masyarakat untuk lebih bijak dalam memilih jenis minuman yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Beberapa negara telah merespon hasil penelitian tersebut dengan berusaha menghindarkan warganya untuk tidak mengkonsumsi minuman jenis ini dengan cara mengajukan usulan pajak dan larangan khususnya di New York pada minuman soda berukuran besar (jumbo). Sekolah-sekolah juga telah membuat peraturan guna membatasi ketersediaan minuman soda bagi para siswa.

Source : Health News, AJCN, naturalnews, reuters.com,

(ang/bt)


About The Author

Number of Entries : 50

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

beauties beauties indonesia kecantikan jual kosmetik jual produk makeup jual skincare jual produk kecantikan sweety sweety inodnesia perlengkapan bayi jual produk bayi jual produk balita perlengkapan balita popok sweety newborn popok sweety gold pants jual popok sweety perlengkapan komputer jual hp jual laptop jual smartphone jual server jual printer jual scanner jual vga jual monitor jual software perlengkapan elektronik IDB IDB INDONESIA perlengkapan Olahraga jual sepatu footsal jual raket badminton jual raket bulutangkis Toko Alat Olahraga perlengkapan Olahraga & Sport peralatan fitness ISG ISG INDONESIA Infinity Sport Group jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual suplemen dan vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia outfit outfit indonesia jual baju online jual baju wanita jual baju pria jual baju jual sepatu online jual sepatu wanita jual sepatu pria jual sepatu jual tas online jual tas wanita jual tas pria jual tas jual celana online jual celana wanita jual celana pria jual celana IDBEON ID BEON ID Beyond Digitech Digitech Indonesia Evelyn Mode Baby Dress Pakaian Anak Digital Marketing Indonesia Digital Marketing Digital Agency Digital Agency Indonesia Jasa Design Jasa Buat Logo Jasa SEO Jasa Pembuatan Website Jasa Pembuatan Ecommerce Jasa Pembuatan Toko Online Jasa Sosial Media IMG Indonesia Internet Marketing Group Media Gaya Hidup Pria Modern Jual Obat Kuat Jual Tas Pria Jual Pakaian Pria Jual Sepatu Pria Jual Jam Pria Men Indonesia Fasion Pria Jual Obat Pria Dewasa Jual Obat Kuat Pria Herbal Jual Obat Kuat Lelaki Jual Obat Kuat Pria Original Jual Obat Kuat Perkasa
Scroll to top