You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Ibu & Anak » Membiasakan Anak Konsumsi Buah Sejak Dini Membantu Menurunkan Resiko Kanker Payudara

Membiasakan Anak Konsumsi Buah Sejak Dini Membantu Menurunkan Resiko Kanker Payudara

anak-makan-lagiAda pepatah yang mengatakan “Anda Adalah Apa Yang Anda Makan” yang bermakna bahwa apapun yang Anda makan akan tergambar pada kesehatan Anda. Jika sedari usia dini sudah ditanamkan pola makan sehat, niscaya ketika dewasa akan memperoleh kesehatan yang optimal.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi lebih banyak buah sejak dini pada perempuan mampu melindungi wanita dari kanker payudara ketika usia mereka bertambah.

Penelitian yang berlangsung di Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston, Massachusetts, menemukan bahwa gadis remaja yang gemar konsumsi buah secara teratur memiliki risiko rendah terhadap kanker payudara dari waktu ke waktu.

Studi ini melibatkan lebih dari 90.000 wanita antara usia 27 dan 44 yang mengambil bagian dalam Nurses Health Study II, yang dimulai pada tahun 1989. Dua tahun kemudian, mereka diminta untuk menyelesaikan kuesioner yang telah mereka ingat makanan khas mereka selama akhir remaja dan awal masa dewasa.

Antara tahun 1991 hingga 2013, kelompok ini dilacak setiap empat tahun, dan para relawan dibekali dengan informasi mengenai kebiasaan makan mereka dari tahun sebelumnya. Selain itu, kesehatan payudara mereka dipantau setiap dua tahun.

Selama lebih dari 20 tahun riset, lebih dari 3.200 subyek didiagnosis dengan kanker payudara invasif. Para ilmuwan menganalisis data dan menetapkan bahwa mereka yang mengkonsumsi jumlah yang lebih besar dari buah-buahan pada masa remaja memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.

Buah yang terlihat secara signifikan terhadap penurunan kanker payudara adalah apel, pisang, dan anggur. Para peserta yang melaporkan konsumsi buah ini sekitar tiga porsi setiap hari diusia muda terbukti memiliki penurunan 25 persen kanker payudara pada usia pertengahan dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang melaporkan makan setengah porsi buah-buahan setiap hari ketika mereka masih muda.

Temuan juga menunjukkan buah jeruk dan kale juga berperan dalam menurunkan risiko kanker payudara dari waktu ke waktu, meski tidak signifikan.

Bagaimana mengajarkan anak-anak untuk mengkonsumsi lebih banyak buah? Ajarkan anak-anak untuk mengkonsumsi makanan manis dari bahan yang alami seperti buah-buahan bukan bahan yang diproses seperti permen. Sembunyikan makanan ringan. Bereksperimenlah dengan smoothie buah sehingga dapat meningkatkan porsi buah yang dimakan oleh anak-anak dengan cara yang lezat.

Sumber : Daily Health Tip

(vna/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top