You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 6 Nutrisi yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

6 Nutrisi yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan-jantungPenyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia. Gejalanya sering tidak diketahui sehingga biasanya diketahui pada tingkat lanjut dari penyakit ini. Pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang dapat melindungi jantung dari kerusakan.

Nutiritionist Sarah Flower mengungkapkan 13 nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Omega 3

    Omega 3 dapat membantu mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida. Rantai panjang asam lemak tak jenuh ganda seperti EPA dan DHA dapat membantu mencegah peradangan di seluruh tubuh serta melindungi terhadap penyakit jantung. Sumbernya yaitu pada minyak ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

  2. Magnesium

    Magnesium memainkan peran penting dalam produksi energi yang disebut ATP. Otot membutuhkan energi untuk melakukan fungsinya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu mencegah stroke dan serangan jantung. Sumbernya yaitu pada sayuran hijau dan kacang-kacangan seperti kacang merah.

  3. Co-Enzyme Q10

    Co-Enzyme Q10 bersama magnesium dapat membantu produksi energi. Co-Q10 juga merupakan antioksidan kuat dan dapat bekerja dengan baik dengan selenium, vitamin C, vitamin E dan zinc untuk membantu melindungi arteri kita dari kerusakan. Sumbernya yaitu pada daging, telur dan ikan.

  4. Vitamin D

    Manfaat vitamin D dari paparan sinar matahari membantu melindungi kita dari berbagai penyakit, terutama jantung, tekanan darah tinggi dan stroke. Bahkan penelitian telah menunjukkan risiko 40 persen lebih tinggi dari penyakit jantung ketika kekurangan vitamin D. Sumber terbaik adalah sinar matahari, tetapi Anda juga bisa mendapatkan sedikit dari ikan (terutama hati ikan), beberapa jamur dan telur.

  5. Vitamin C

    Sebuah antioksidan kuat, vitamin C, bersama vitamin E, Zinc dan Co-Q10 bersama-sama membantu melindungi Anda dari penyakit jantung dan kerusakan sel. Vitamin C juga telah terbukti membantu menurunkan kolesterol LDL, sementara juga secara signifikan membantu meningkatkan kadar HDL. Sumber terbaik adalah buah segar.

  6. Vitamin E

    Dikenal karena antioksidan dan sifat pelindung, Vitamin E juga dapat membantu mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kadar HDL. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi sel endotel. Namun, untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari vitamin E, Anda juga perlu memiliki sumber yang baik dari vitamin C, selenium dan Co-Q10 dalam diet Anda. Sumber terbaik adalah alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian.

    Sumber : Dailymail

    (rsh/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top