You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Vitamin D, Banyak Manfaat

Vitamin D, Banyak Manfaat

vitamin DVitamin D menjadi bahasan yang menarik akhir-akhir ini, sejak manfaat vitamin D bermunculan. Vitamin D diperoleh dari sinar matahari dengan cara berjemur. Selain itu juga bisa didapatkan dari sumber makanan seperti minyak ikan, susu fortifikasi, hati sapi, kuning telur, jamur, sereal fortifikasi. Vitamin D sangat dibutuhkan untuk mengatur kadar kalsium, memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Akhir-akhir ini peneliti juga mengungkapkan manfaat lain vitamin D yaitu melindungi dari gagal jantung, diabetes, kanker, infeksi saluran pernafasan, penyakit autoimun dan bahkan kerontokan rambut.

Sebuah riset di AS memperkirakan sekitar 40% orang mempunyai asupan harian vitamin D yang rendah. Akibatnya akan mengalami nyeri sendi atau otot, kelelahan, masalah pernafasan, gangguan suasana hati/mood dan seasonal affective disorder (SAD). Ada beberapa riset yang menjelaskan hubungan penyakit dengan vitamin D.

  1. Vitamin D dapat menurunkan resiko gagal jantung. Di studi pada tikus, vit D 1,25-dihydroxyvitamin D3, mempengaruhi sel-sel jantung. Secara khusus, para peneliti melihat sel-sel unit fibroblas pembentuk koloni jantung (cCFU-Fs) yang bertanggung jawab untuk mengembangkan jaringan parut setelah serangan jantung. Studi menemukan bahwa vitamin D menghambat aksi cCFU-Fs, yang mencegah jaringan parut terbentuk di sekitar jantung tikus, berpotensi mencegah penyumbatan dalam sistem kardiovaskular.
  2. Vitamin D dan kanker. Riset menemukan, wanita yang asupan vitamin D tinggi berisiko rendah terhadap kanker payudara. Sedangkan pada mereka yang asupan vitamin D rendah dibawah yang dianjurkan, 31% cenderung mempunyai risiko tinggi terhadap kanker kolorektal/usus, sedang yang kebutuhan Vitamin D nya tercukupi, hanya 22% beresiko.
  3. Vitamin D dan kegemukan. Orang yang kadar vitamin D nya rendah cenderung menyimpan lemak perut lebih banyak.
  4. Vitamin D dan Alzheimer. Para peneliti di Australia menganalisa sekitar 70 riset yang berhubungan antara vitamin D dengan alzheimer. Para penulis menyimpulkan belum ada hubungan yang nyata antara vitamin D dan alzheimer, namun dengan multiple sklerosis dan parkinson.
  5. Vitamin D dan nyeri kronis. Sebuah tinjauan riset tahun 2015 menyebutkan bahwa vitamin D memungkinkan berperan dalam menurunkan nyeri kronis, walau penelitian lain sebaiknya masih terus dilakukan.

Sumber : medicalnewstoday

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1782

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top