IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Tips puasa tetap bugar – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Tips puasa tetap bugar

Tips puasa tetap bugar

makanan sehatMenjaga kesehatan merupakan hal yang mutlak yang harus dilakukan setiap orang, khususnya dibulan ramadhan. Asupan makanan bergizi menjadi faktor penting agar mampu menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Ada beberapa tips bermanfaat yang dapat meningkatkan kesehatan kita di bulan penuh rahmat dan ampunan ini.

  1. Tradisi buka puasa yang disunahkan adalah buka puasa dengan 2 atau 3 buah kurma, lalu minum segelas air. Dan setelahnya bisa diikuti dengan makan sup hangat, salad dan hidangan utama. Makanlah dalam jumlah cukup, tidak berlebihan (tidak kekenyangan).
  2. Awali makanan pembuka dengan sup hangat untuk menenangkan lambung. Cairan hangat juga menyiapkan sistem pencernaan lebih baik lagi dalam menerima makanan.
  3. Santaplah makanan dengan menu seimbang yang mengandung karbo seperti nasi atau roti, protein misalnya ikan, daging sapi rendah lemak, ayam dan sayuran.
  4. Minum sekitar 8 gelas air/hari dalam jumlah yang tidak sekaligus
  5. Makan dalam jumlah sedang. Makan banyak saat berbuka dan sahur akan meningkatkan berat badan. Makan pembuka dalam jumlah sedang, mengurangi minuman manis ketika berbuka, banyak makan sayur dan buah serta berolahraga walau sedang berpuasa dapat membantu menurunkan/menjaga berat badan stabil.
  6. Tetap berolahraga. Jalan kaki dua jam setelah berbuka dapat membantu menurunkan berat badan.
  7. Tetap makan sahur. Sahur memberi tubuh kekuatan dan vitalitas untuk hari itu dan dapat membuat puasa lebih mudah dan dapat ditoleransi. Pastikan bahwa makanan ini kaya akan karbohidrat yang diserap perlahan-lahan seperti roti gandum, beras dan sereal gandum utuh yang dapat membantu menjaga kadar gula darah.
  8. Untuk menghindari atau mengurangi haus di siang hari selama berpuasa, minum banyak air putih, kurangi makan yang asin dan pedas, makan sayur dan buah.
  9. Makan sup atau salad saat berbuka akan membantu mengurangi keinginan makan manis dan membuat perut kenyang lebih lama.
  10. Orang dengan hipoglikemi (sakit kepala atau pusing karena kadar gula darah rendah) selama periode puasa harus berbuka puasa saat itu juga dengan makan 2 atau 3 buah kurma yang akan membantu mengisi kadar gula darah.
  11. Makan bervariasi sayur dan buah dalam satu hari dapat mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral saat berpuasa.
  12. Makan yang manis sekali (permen, sirup) kala berbuka dapat membuat pencernaan melambat, meningkatkan kadar gula darah sehingga semakin minta makan/minum manis. Jika ingin makan manis, cobalah 2 atau 3 jam setelah berbuka, tetap dalam jumlah sedikit.
  13. Untuk membuat hidangan lebih ringan, buatlah hidangan dengan memanggang, tumis, rebus. Mainkan rempah dan bumbu.
  14. Makanan/minuman manis saat berbuka pasti sulit ditolak. Dengan makan bersama keluarga dan saling mengingatkan hanya dalam jumlah sedikit sampai sedang, berat badan dan kalori dapat terkontrol.
  15. Pilih kurma, buah kering atau kacang-kacagan untuk menyediakan energi awal berbuka.
  16. Hindari banyak makan asin misalnya acar, kacang asin supaya tidak kehausan ditengah hari berpuasa.
  17. Buatlah rencana makan dalam satu bulan selama ramadhan
  18. Boleh makan ringan sebelum tidur, tapi yang sehat, misalnya yogurt.
  19. Jika tidak bisa makan saat berbuka puasa, sholat dahulu lalu baru makan dengan pelan dan santai dimulai dari makanan hangat.
  20. Variasikan sayuran atau salad. Mengandung nutrisi dan antioksidan tinggi yang melindungi sel dan meningkatkan kesehatan di bulan suci ini.
  21. Buatlah sup buka puasa dalam satu mangkuk dengan banyak sayuran misalnya brokoli, bayam, kacang polong, kacang hijau, labu, wortel, ikan. Menambah vitalitas, tinggi antioksidan, kaya serat, bermanfaat bagi sistem pencernaan.
  22. Bagi hidangan utama menjadi 3: ¼ piring karbo kompleks, ¼ daging tanpa lemak atau protein lainnya, ½ piring sayuran.
  23. Makan buka puasa dalam jumlah sedang, terutama gorengan karena akan menaikkan kadar kolesterol darah.
  24. Jika pemium kopi, cobalah untuk mengurangi nya sedikit demi sedikit untuk menghindari sakit kepala dan mudah mengantuk. Jika mau minum, dua jam setelah berbuka
  25. Minum minuman manis misalnya sirup dalam jumlah sedang. Air putih jauh lebih baik menahan haus.
  26. Jika ingin makan/minum manis, bisa membuat susu rendah lemak dengan krim. Gunakan minyak dan gula dalam jumlah sedang.
  27. Jika seorang olahragawan/suka berolahraga keras, lakukan setengah jam sebelum berbuka. Minum banyak cairan saat berbuka dan makan perlahan untuk kesehatan pencernaan.
  28. Jika ingin makan manis misalnya permen, cukup ukuran sampai 3 jari/hari.
  29. Tetap makan 2 kali sehari: setelah berbuka, camilan malam yang ringan, sahur.
  30. Gunakan rempah dan bumbu herbal untuk mengurangi kesukaan terhadap garam di makanan.
  31. Perubahan waktu makan dapat menyebabkan sembelit. Perkaya makan dengan berserat: sayur, buah, bijian, polongan. Jangan lupa minum air putih banyak.
  32. Makan karbo kompleks untuk kestabilan gula darah minimal 4 atau 5 jam ke depan.
  33. Makan setidaknya 1 jenis protein (daging, kacang, telur, tempe,tahu) setiap kali makan.

Moga tips ini bermanfaat.

Sumber : nestle-family.com

(ast/bt)makanan sehat

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top