You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Tips Mengelola Kolesterol Anda Tetap Normal

Tips Mengelola Kolesterol Anda Tetap Normal

kolesterolKolesterol dalam kadar yang normal mempunyai peran yang penting dalam fungsi normal tubuh. Kadang-kadang, tubuh kita membuat lebih banyak kolesterol daripada yang kita butuhkan, dan kolesterol yang berlebih ini terus beredar dalam aliran darah. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menumpuk dipembuluh darah dan dapat menyebabkan penyumbatan sehingga beresiko terhadap berbagai penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

Menjaga kadar kolesterol agar tetap normal memang susah-susah gampang. Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengelola kadar kolesterol Anda:

  1. Batasi konsumsi daging merah

    Dianjurkan untuk menggunakan daging yang sudah dikuliti, karena kulit merupakan sumber kolesterol, lemak dan kalori tambahan. Hindari pengolahan yang menggunakan banyak minyak seperti menggoreng dan pilihlah pengolahan yang menggunakan minyak sedikit seperti memanggang. Ayam dan ikan adalah pilihan yang lebih baik daripada daging merah.

  2. Pilihlah minyak zaitun

    Minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) tanpa mempengaruhi kolesterol HDL (kolesterol baik). Disarankan untuk mengkonsumsi dua sendok makan (sekitar 23 gram) minyak zaitun per hari untuk jantung yang sehat.

  3. Tambahkan omega-3 dalam diet Anda

    Asam lemak omega 3 dapat meningkatkan kolesterol HDL. Ikan, biji rami, kacang-kacangan dan almond adalah beberapa sumber omega-3.

  4. Tetap aktif

    Aktivitas fisik membantu Anda mengontrol berat badan dan dapat mengurangi resiko terhadap penyakit, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes. Aktivitas fisik ini juga mengurangi stres, yang merupak an faktor utama dalam penyakit jantung. Anda harus berolahraga selama 30 menit setiap hari, apakah itu pergi ke gym, bermain olahraga atau hanya jalan cepat.

  5. Makan bawang putih

    Bawang putih menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap infeksi. Cobalah untuk 2-4 siung segar sehari.

  6. Minum tehimages

    Teh hitam adalah kandungan antikosidannya dapat menurunkan kadar kolesterol LDL tinggi. Disarankan untuk minum satu cangkir teh hitam setiap hari.

    Sumber : Healthmeup.com

    (rsh/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1759

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top