IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Tips Berpuasa Untuk Ibu Menyusui – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Tips Berpuasa Untuk Ibu Menyusui

Tips Berpuasa Untuk Ibu Menyusui

78Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia ini, karena di bulan Ramadhan lah semua umat muslim menjalankan ibadah puasa yang hukumnya wajib dilakukan oleh seluruh kaum muslim tak terkecuali ibu hamil dan menyusui. Islam memberikan keringanan bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak wajib menjalankan ibadah puasa dengan mengganti puasa di luar bulan Ramadhan atau dengan membayar fidyah.

 

Menyusui adalah suatu proses yang pasti dilalui oleh seorang ibu, dan pada saat menyusui tentunya asupan zat gizi sang ibu harus lebih tinggi dibandingkan wanita tidak menyusui oleh karena itu kualitas ASI sangat ditentukan oleh asupan gizi dan juga kondisi kesehatan sang ibu. Namun tidak perlu khawatir jika ibu menyusui ingin berpuasa, berikut tips bagi ibu menyusui jika ingin berpuasa :

 

  1. Puasa sebaiknya dilakukan ketika bayi sudah berumur 6 bulan keatas. Dimana bayi sudah tidak lagi mendapat ASI eksklusif. Karena pada saat bayi usia dibawah 6 bulan satu-satunya sumber nutrisi bayi adalah dari ASI.

  2. Pada dasarnya, kapan saja bayi bisa menyusui meskipun anda berpuasa. Namun ketika berpuasa produksi ASI berkurang, sementara ASI berlimpah setelah Anda berbuka. Hal ini disebabkan oleh hormon oksitosin. Karenanya, usahakan bayi lebih banyak menyusui saat malam setelah berbuka hingga waktu sahur.

  3. Pastikan ibu makan tiga kali sehari, yaitu saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur atau sesudah shalat tarawih. Ibu menyusui perlu mengonsumsi 50% karbohidrat, 30% protein, 20% lemak tiap kali makan, untuk menghasilkan ASI berkualitas.

  4. Maksimalkan konsumsi air putih pada saat sahur dan berbuka karena pada saat berpuasa tubuh akan kehilangan cairan 2-3 persen.

  5. Pada saat ibu berpuasa akan lemas setelah menyusui. Istirahat sejenak akan mengembalikan energi. Selain itu istirahat juga akan mengembalikan kondisi psikologis ibu sehingga produksi ASI tetap lancar.

  6. Jika alarm tubuh mengisyaratkan harus berhenti puasa, tidak usah terlalu memaksakan diri.

 

 

(ef)

 

 

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top