IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Pria Sehat Pasti Lakukan Ini – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Pria » Pria Sehat Pasti Lakukan Ini

Pria Sehat Pasti Lakukan Ini

pria-sehatSetiap pria bahkan setiap orang pada umumnya menginginkan kehidupan yang sehat dan sejahtera. Untuk mendapatkan itu tentu ada beberapa faktor yang harus dijalani seperti menghindari stress, mengatur pola makan, berolahraga, cukup tidur, berlibur dan sebagainya. Seorang dokter profesional, Dr. Steven Lamm, direktur the Preston Robert Tisch Center for Men’s Health di New York University Langone Medical Center, yang juga menulis buku “ No Guts, No Glory: Gut Solution—The Core of Your Total Wellness Plan” memberikan beberapa tips bagi pria agar selalu panjang umur dan tetap sehat.

  1. Hunting dokter konsultan. Umumnya dokter lebih fokus pada mengobati daripada memberikan anjuran kesehatan. Dokter yang baik adalah yang membimbing dalam proses kesehatan seseorang, daripada hanya mengobati, dan pantas dijadikan dokter keluarga.
  2. Konsumsi makanan bergizi. Tubuh seperti mesin mobil mewah yang perlu diisi bahan bakar berkualitas 80-90%. Hindari gula jagung atau gula lainnya, lemak jahat, yang menyebabkan kecanduan makanan, layaknya kecanduan kokain.
  3. Tidur yang cukup. Sama halnya dengan kebutuhan akan air minum. Jika kurang tidur, kondisi hormon dan tekanan darah terganggu, karena ritme sirkadian berubah, selain juga penting dalam fungsi memori, penurunan berat badan dan kinerja fungsi seksual.
  4. Rileks. Mengurangi kesibukan juga mengurangi stress. Liburan, meditasi, latihan pernafasan. Respon relaksasi juga bisa dilakukan dengan meditasi sambil mengucapkan kata-kata positif.
  5. Olahraga seimbang. Olahraga yang baik bagi lelaki adalah pembangunan otot, aerobik, peregangan yang membuat sistem kardiovaskular membaik. Mayo Clinic merekomendasikan sisi olahraga yang baik memiliki lima unsur: kebugaran aerobik, olah kekuatan , olah inti, olah keseimbangan, fleksibilitas dan peregangan.
  6. Peregangan saat olahraga. Selama olahraga, pemulihan adalah komponen penting untuk beradaptasi dengan stress/tekanan selama olahraga, membantu memulihkan glikogen otot dan memperbaiki jaringan tubuh. Jika tidak pulih, maka denyut jantung akan semakin naik tidak menentu dan pertanda ada masalah dalam tubuh. Sebuah penelitian dari University of Stirling, Skotlandia menyatakan dengan menggabungkan aktivitas intensitas tinggi dengan pemulihan, atau periode intensitas rendah, terbukti efektif untuk alur olahraga.
  7. Tetap ukur pinggang. Ukuran lingkar pinggang menjadi pertanda seseorang pria obes/tidak. Jika ukuran pinggang tetap di bawah 34 inchi, hal yang ideal. Jika lebih, tandanya banyak lemak dalam tubuh.
  8. Bergaul. Dukungan sosial dan cinta akan dapat menguatkan sistem pertahanan tubuh. Kekuatan diri untuk dukungan sosial juga mampu memberikan kesehatan pada diri sendiri.
  9. Menetapkan tujuan dan tetap rileks. Buatlah beberapa rencana tujuan dalam hidup dengan cadangannya, sehingga ketika sebuah rencana/tujuan tidak tercapai, masih ada yang lain. Hal ini akan membantu hidup lebih sehat.
  10. Berpikir jangka panjang, bukan pendek. Menjaga kesehatan dan berat badan bukan sebagai tujuan jangka pendek, tapi jangka panjang, sehingga akan terus diupayakan kesehatan dan berat badan optimal.

Sumber : mensfitnes.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top