IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Pelabelan Informasi Gizi Pada Makanan (Traffic Light Nutrition) – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Pelabelan Informasi Gizi Pada Makanan (Traffic Light Nutrition)

Pelabelan Informasi Gizi Pada Makanan (Traffic Light Nutrition)

Ketika hendak berencana makan malam di luar, sebaiknya pertimbangkan dulu tentang menu makan dan minum yang akan dikonsumsi. Hal ini perlu dilakukan karena beberapa makanan memili kandungan lemak dan kalori yang tinggi seperti : double cheeseburger, milkshake atau ayam goreng. Adanya informasi tingkat gizi dari beberapa makanan sangat membantu konsumen dalam menentukan makanan yang akan dikonsumsi. Menurut penelitian terbaru, pelabelan makanan atau traffic light nutrition pada sebuah cafe dalam sebuah penelitian dapat membantu konsumen dalam membuat pilihan makanan yang lebih sehat.

Pelabelan terhadap informasi gizi ini juga diterapkan pada sebuah kantin di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston. Informasi gizi kepada konsumen menggunakan label hijau, kuning, dan merah yang bertujuan supaya konsumen dapat memilih makanan yang lebih bergizi. Hasilnya pembelian makanan sehat lebih banyak daripada junk food. Selama 2 tahun label ini diterapkan dengan sebjek melibatkan pengunjung dan staff rumah sakit. Makanan berlabel merah seperti minuman soca, pizza dan makanan berkalori tinggi lainnya mengalami penurunan pembelian.

Dalam beberapa bulan, para ilmuwan mencatat penurunan yang sangat tinggi pada kelompok makanan merah dan peningkatan pada kelompok makanan hijau. Selama 6 bulan, pembelian makanan kelompok merah mengalami penurunan sebesar 20% dan pembelian makanan kelompok hijau meningkat sebesar 12%. Pada kategori minuman, konsumsi soda yang mengandung gula menurun hingga mendekati 40%.

tlight3Begitu juga dalam sebuah studi 2012 di Universitas Cornell di Ithaca, New York, para peneliti menemukan bahwa siswa SMA yang makan di kantin sekolah membeli makanan sehat 18% lebih banyak dan makanan tidak sehat 28% lebih sedikit setelah kantin sekolah menampilkan pelabelan makanan bergizi.

Dengan adanya pelabelan traffic light nutrition dapat berfungsi sebagai pengingat untuk membantu dalam memilih makanan yang bergizi. Hal ini dapat membantu mengembangkan kebiasaan makan yang lebih baik. Perubahan kecil ini jika dilakukan setiap hari dapat memberikan perbedaan yang besar seperti penurunan berat badan, penurunan risiko diabetes, penyakit jantung, kanker, dll. Tambahkan sedikit olahraga pada rutinitas sehari-hari dan mulai menggabungkan perubahan pola makan yang positif dan anda memiliki cara hidup yang lebih sehat.

Sumber : Daily Health Tips

(vna/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top