You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Mitos Tentang Kolesterol

Mitos Tentang Kolesterol

kolesterolTingginya kolesterol pemicu munculnya berbagai penyakit berbahaya. Hanya saja, masih banyak beredar mitos yang dikaitkan dengan kolesterol. Mau tahu mitos apa saja yang berkembang soal ini?

  1. Mitos: semua kolesterol buruk.

Fakta: Kolesterol sangat penting untuk menjaga kesehatan. Secara alami tubuh memproduksi kolesterol didalam organ liver dan dari sumber makanan. Kolesterol mempengaruhi cara bekerja setiap sel – yang dibutuhkan tubuh untuk membuat vitamin D dan mendukung sistem pencernaan. Ada dua jenis kolesterol, koelesterol baik disebut High-density lipoprotein (HDL) yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Kelebihan kolesterol akan dibuang melalui organ liver. Sedangkan kolesteroal jahat disebut Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol buruk yang dapat menyempitkan pembuluh darah.

2. Mitos: pola diet dan olahraga tidak berpengaruh pada kolesterol

Fakta: menurut penelitian di AS, dengan mengikuti pola diet “portfolio diet” yang hanya mengambil sedikit lemak jenuh dapat membantu menurunkan kolesterol 35% yang mirip dengan statin. Jadi tidak perlu selalu dengan obat.

3. Mitos: hanya orang gemuk yang punya kolesterol tinggi.

Fakta: tidak hanya pada orang yang obesitas atau orang tua saja yang mempunyai kolesterol tinggi. Namun mereka yang berusia muda dan terlihat sehatpun mempunyai potensi yang sama.

4. Mitos: Makan telur atau kerang meningkatkan kolesterol

Fakta: walaupun memang kadar kolesterol keduanya tinggi, penelitian keduanya menunjukkan bahwa tidak perlu terlalu membatasi konsumsinya. Menurut Heart UK, pengecualian ditujukan untuk orang dengan Familial Hypercholesterolaemia (FH), dengan konsumsi telur 3-4 butir/minggu dan kerang 1-2 porsi/minggu.

5. Mitos: Minyak kelapa menurunkan kolesterol.

Fakta : Belum ada riset yang membuktikkan bahwa minyak kelapa efektif menurunkan kolesterol pada manusia. Namun ada sebuah teori yang mengatakan bahwa berbagai jenis lemak memiliki efek yang berbeda-beda, tapi ini belum terbukti.

Sumber : healthyfood

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1805

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top