IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Menurunkan Berat Badan dengan Berpuasa – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Menurunkan Berat Badan dengan Berpuasa

Menurunkan Berat Badan dengan Berpuasa

IMAGES - 1Kabar gembira bagi Anda yang memiliki masalah berat badan, puasa Ramadhan ini bisa dijadikan momen tepat untuk Anda segera menurunkan berat badan. Berpuasa memang dipercaya memiliki banyak manfaat. selain melatih menahan hawa nafsu dan kesabaran, puasa juga dapat membantu menurunkan berat badan bagi sebagian orang yang menjalaninya secara sehat (berbuka puasa dan sahur dengan makanan yang sehat dan bergizi seimbang).

Penelitian yang dilakukan University of California telah membuktikannya. Hasil studi mereka menunjukkan, pembatasan jumlah kalori, khususnya ketika berselang-seling (tiap dua hari sekali) melakukan puasa, dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker, serta mampu menurunkan berat badan.

Hal ini didukung oleh pernyataan dari Dr Kritsa Varady, yang memimpin sebuah studi mengenai kelebihan berat badan dan obesitas di University of Illinois, Chicago, setelah 8 minggu melakukan puasa selang-seling, terlihat penurunan kadar kolesterol darah pada responden. Perbaikan kondisi kesehatan lain yang terlihat adalah menurunnya tekanan darah, detak jantung, dan lemak yang ditemukan dalam tubuh.

IMAGES - 2

Dari penelitiannya, tim Dr Varady mendapati bahwa puasa memicu gen yang memproduksi sel-sel baru, dan mencegah sel-sel mati sebelum waktunya. Dr James Johnson, yang memimpin studi ini, mengatakan, “Gen ini juga dapat memperlambat proses penuaan, dengan mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan usia dan ancaman kesehatan.”

Puasa yang dianjurkan dalam penelitian ini adalah, menetapkan “hari makan”, dimana tidak ada pembatasan makanan. Dilanjutkan dengan “hari puasa”, dimana kita hanya mengonsumsi 25 persen atau kurang dari porsi makan kita yang biasa. Jadi, makan siang pun harus memperhatikan jenis (bergizi seimbang) dan porsi yang cukup.

Dari penelitian yang dilakukan selama 8 minggu tersebut didapatkan hasil penurunan berat badan sebanyak 8 persen. Jadi, jika berat badan Anda 65 kg, dalam 8 minggu berat Anda akan turun 5,2 kg. Puasa juga terbukti mempengaruhi kadar insulin, suhu tubuh, dan menurunkan tingkat stress.

Source : WebMD.boots.com

(ang)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Comments (1)

  • Christy Ellena

    We are a gaggle of volunteers and starting a new scheme in our
    community. Your site provided us with helpful info to work on.
    You’ve done an impressive process and our whole neighborhood will probably be thankful to you.

    Reply

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top