You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Mengkonsumsi Blueberry Baik Untuk Tekanan Darah

Mengkonsumsi Blueberry Baik Untuk Tekanan Darah

blueberriesBlueberry telah disebut sebagai makanan super karena tingginya antioksidan dan memberikan banyak manfaat kesehatan. Buah-buahan kecil ini memberikan perlindungan tubuh dari penyakit jantung dan kanker. Penelitian baru menunjukkan bahwa mengkonsumsi blueberry secara terbaru dapat menurunkan tekanan darah.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Florida di Tallahassee, menemukan bahwa mengkonsumsi satu cangkir blueberry setiap hari dapat memberikan efek positif pada tekanan darah baik sistole maupun diastole dalam beberapa minggu. Subjek penelitian ini adalah 48 wanita pascamenopause yang menderita tekanan darah tinggi.

Para peserta secara acak dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diberikan bubuk blueberry dan diperintahkan untuk mengkonsumsi 22 gram, yang setara dengan sekitar secangkir blueberry, setiap hari. Kelompok kedua juga diberikan bubuk plasebo 22 gram untuk dikonsumsi setiap hari. Delapan minggu kemudian, para ilmuwan menindaklanjuti tekanan darah dan tes fungsi arteri. Kelompok yang telah mengkonsumsi blueberry mengalami penurunan rata-rata pada tekanan darah sistole sebesar 5,1% dan tekanan darah diastole sebesar 6,3%. Sebaliknya, para peserta yang mengkonsumsi plasebo tidak mengalami penurunan tekanan darah.

Dilakukan juga tes fungsi arteri dengan menggunakan teknologi gelombang pulsa kecepatan non-invasif yang digunakan untuk menguji kekakuan arteri, yang merupakan gejala asterosklerosis dan untuk mengetahui bahwa darah beredar ke pembuluh darah perifer dengan benar. Mereka yang mengkonsumsi bubuk blueberry telah meningkatkan fungsi arteri, dengan meningkatkan kadar nitrat oksida hingga 6,84 mikrometer. Nitrat oksida sangat penting karena membantu arteri membesar dan mengatur tekanan darah. Mereka yang mengkonsumsi bubuk plasebo tidak memiliki perubahan kekakuan arteri atau tingkat nitrat oksida.

175631_hipertensi2tsHipertensi mempengaruhi sekitar 78 juta orang di Amerika Serikat, menurut American Heart Association. Kondisi ini membawa serta peningkatan resiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Obat farmasi biasanya diresepkan untuk memerangi tekanan darah tinggi dengan mengatasi gejala bukan penyebab hipertensi. Mereka juag terkait dengan sejumlah efek samping seperti melemahnya otot, peningkatan kadar gula darah dan impotensi.

Namun, dengan mengkonsumsi blueberry secangkir sehari menawarkan antioksidan dan phytoflavonoid, tinggi serat, rendah gula dan tingginya kadar kalium dan vitamin C yang mempunyai manfaat pada kesehatan. Selain menurunkan tekanan darah, blueberry dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker, perlindungan dari penyakit parkinson dan demensia.

Sumber : Daily Health Tip

(vna)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1730

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top