IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Digitech Digitech Indonesia Menghilangkan Rasa Asam Di Mulut Karena Tidak Merokok Selama Berpuasa – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Menghilangkan Rasa Asam Di Mulut Karena Tidak Merokok Selama Berpuasa

Menghilangkan Rasa Asam Di Mulut Karena Tidak Merokok Selama Berpuasa

ptg01599583Puasa di bulan Ramadhan memang kewajiban bagi umat muslim di seluruh dunia, tetapi seringkali kita mengeluhkan gangguan bau mulut dan rasa asam selama menjalani puasa, membuat kita menjadi tidak percaya diri untuk berbicara dengan kerabat atau teman dalam jarak dekat. Hal ini akan semakin buruk dialami oleh perokok yang sedang berpuasa karena mulut akan terasa asam dan bau mulut pun tidak terelakan lagi.

Asap panas dari rokok yang berhembus terus menerus ke dalam rongga mulut merupakan rangsangan panas yang menyebabkan perubahan aliran darah dan mengurangi pengeluaran air liur. Akibatnya rongga mulut menjadi kering dan memberikan lingkungan yang sesuai untuk tumbuhnya bakteri dalam plak, bakteri inilah yang menimbulkan rasa asam saat Anda berpuasa dan tidak sedang merokok.

Beberapa hal dapat dilakukan untuk menjaga mulut agar tidak terasa asam bagi perokok atau Anda yang sedang menjalani ibadah puasa, seperti yang diungkapkan drg. Citra Kusumasari, SpKG dalam Kompas Healthberikut ini:

  1. Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang banyak mengandung serat, dan kurangi bahan makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar asam di mulut

  2. Akhiri makan sahur anda dengan minum air putih yang cukup, begitu pula saat berbuka puasa

  3. ispc033028Sikat gigi Anda, lakukan pembersihan sampai ke sela-sela gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluor dan sikat lidah anda.

  4. Kumur-kumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol atau obat kumur yang dibuat dengan mencampurkan setengah sendok teh bubuk baking soda dengan air putih setengah gelas (sekitar 250 ml). Kemudian dikumurkan selama 1-2 menit setelah menyikat gigi pada saat setelah sahur dan sebelum tidur malam.

  5. Setelah berbuka puasa, anda dapat mengkonsumsi permen karet tanpa gula (free sugar) untuk merangsang aliran air ludah.

  6. Rutin memeriksakan kondisi keseluruhan rongga mulut anda ke dokter gigi, karena gigi berlubang, dan kondisi gusi yang tidak sehat juga memicu timbulnya rasa asam pada mulut serta kurangilah kebiasaan merokok Anda.

Source : Healthmeup.com, health.kompas.com

(ang)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top