You Are Here: Home » Warta Sehat » Kesehatan Ibu & Anak » Kerusakan Otak Bayi Yang Disebabkan Oleh Infeksi Virus ZIka

Kerusakan Otak Bayi Yang Disebabkan Oleh Infeksi Virus ZIka

Sebuah studi terbaru yang dzika-virus_2ipublikasikan oleh para peneliti Brasil menunjukkan malformasi otak yang disebabkan oleh infeksi kongenital virus Zika. Hal ini juga membuktikkan bahwa ancaman virus zika tidak hanya berupa mikrosefali, namun juga perubahan neurologis lainnya seperti pengurangan volume otak, kelainan perkembangan kortikal dan ventrikulomegali.

Studi dilakukan para peneliti dari the D’Or Institute for Research and Education (IDOR), Federal University of Rio de Janeiro (UFRJ), Institute for Research Professor Amorim Neto (IPESQ), bersama dengan Tel Aviv University dan the Boston Children’s Hospital di Amerika yang menunjukkan bahwa mikrosefali, hanyalah salah satu dari beberapa perubahan otak yang diamati. Hasil studi menggambarkan area otak mana yang paling terpengaruh.

Tidak seperti pada infeksi lainnya seperti toksoplasmosis, rubella, cytomegalovirus dan herpes, janin dan bayi yang otaknya terinfeksi oleh virus zika menunjukkan malformasi kortikal dan perubahan terletak diantara white dan grey matter (badan abu dan putih). Para peneliti juga mengidentifikasi penurunan volume otak, kelainan perkembangan kortikal dan ventrikulomegali, suatu kondisi di mana rongga otak yang diisi cairan yang lebih besar.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkorelasikan perubahan morfologi yang diamati dalam penelitian ini dengan data klinis dan imunologi, selain informasi dari lingkungan di mana ibu dan bayi terinfeksi.

Mereka sedang mengembangkan sebuah studi tindak lanjut untuk menyelidiki bagaimana infeksi kongenital oleh virus zika dapat mengganggu tidak hanya pada periode prenatal tetapi juga dalam pematangan otak setelah bayi dilahirkan.

Meski kasus Zika belum di temukan di Indonesia, namun sebaiknya perlu mewaspadai mengingat beberapa waktu lalu virus Zika sudah singgah di Singapura.

Sumber : sciencedaily

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

beauties beauties indonesia kecantikan jual kosmetik jual produk makeup jual skincare jual produk kecantikan sweety sweety inodnesia perlengkapan bayi jual produk bayi jual produk balita perlengkapan balita popok sweety newborn popok sweety gold pants jual popok sweety perlengkapan komputer jual hp jual laptop jual smartphone jual server jual printer jual scanner jual vga jual monitor jual software perlengkapan elektronik IDB IDB INDONESIA perlengkapan Olahraga jual sepatu footsal jual raket badminton jual raket bulutangkis Toko Alat Olahraga perlengkapan Olahraga & Sport peralatan fitness ISG ISG INDONESIA Infinity Sport Group jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia jual suplemen jual suplemen kesehatan jual multivitamin jual vitamin jual suplemen dan vitamin jual susu nutrition nutrition indonesia outfit outfit indonesia jual baju online jual baju wanita jual baju pria jual baju jual sepatu online jual sepatu wanita jual sepatu pria jual sepatu jual tas online jual tas wanita jual tas pria jual tas jual celana online jual celana wanita jual celana pria jual celana IDBEON ID BEON ID Beyond Digitech Digitech Indonesia Evelyn Mode Baby Dress Pakaian Anak Digital Marketing Indonesia Digital Marketing Digital Agency Digital Agency Indonesia Jasa Design Jasa Buat Logo Jasa SEO Jasa Pembuatan Website Jasa Pembuatan Ecommerce Jasa Pembuatan Toko Online Jasa Sosial Media IMG Indonesia Internet Marketing Group Media Gaya Hidup Pria Modern Jual Obat Kuat Jual Tas Pria Jual Pakaian Pria Jual Sepatu Pria Jual Jam Pria Men Indonesia Fasion Pria Jual Obat Pria Dewasa Jual Obat Kuat Pria Herbal Jual Obat Kuat Lelaki Jual Obat Kuat Pria Original Jual Obat Kuat Perkasa
Scroll to top