IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Kanker Payudara Stadium Nol – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Kanker Payudara Stadium Nol

Kanker Payudara Stadium Nol

kanker payudaraTerdapat stage (stadium) nol dalam kanker payudara yang disebut dengan ductal carcinoma in situ (DCIS), karena sel-sel abnormal tumbuh dalam lapisan saluran susu, namun belum menyebar ke tempat lain. DCIS sifatnya non invasif (tidak agresif) dan disebut dengan pre kanker. DCIS bisa berpotensi invasif.

LCIS (lobular carcinoma in situ) juga termasuk dalam kanker payudara stadium 0, sel-sel abnormal terjadi di lobus dan tidak keluar dari lobus. Disebut juga lobular neoplasia. LCIS tidak invasif, namun perlu dikontrol karena dapat menjadi kanker. Jika kanker sudah masuk dalam stadium 1 maka sudah masuk tahap invasif walau kecil misalnya pada jaringan payudara (1A) atau pada kelenjar getah bening terdekat (1B).

Umumnya, tidak ada gejala ketika ada kanker stadium 0, walaupun ada wanita yang terasa benjolan di payudara dan darah pada puting. Faktor resiko kanker payudara stadium 0 yaitu:

  1. Riwayat pribadi hiperplasia atipikal atau penyakit payudara jinak lainnya.
  2. Riwayat keluarga kanker payudara atau mutasi genetik yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara, seperti BRCA1 atau BRCA2.
  3. Belum pernah hamil atau punya anak diatas usia 30 tahun
  4. Mens pertama dibawah usia 12 tahun dan menopause diatas 55 tahun

Faktor gaya hidup juga pengaruh sekali, misalnya:

  1. Kurang aktif/kurang berolahraga
  2. Klebihan berat badan/obesitas setelah menopause
  3. Terapi pengganti hormon
  4. Merokok
  5. Minum alkohol

Jika ada benjolan, segera periksa ke dokter. Terlebih lagi jika ada riwayat keluarga. Lakukan screening mammografi karena dapat mendiagnosa kanker payudara stadium 0. Selain itu, jika diduga kanker, biopsi akan dilakukan dengan mengambil sampel jaringan yang akan diperiksa oleh ahli patologi, apakah jaringan itu invasif atau tidak.

Kanker stadium 0 dapat dihilangkan dengan mastektomi, operasi pengangkatan payudara, namun tidak selalu dilakukan. Alasan kenapa dokter melakukan ini adalah:

  1. DCIS lebih dari 1 bagian payudara
  2. Wilayah kanker diduga akan lebih besar
  3. Tidak dilakukan terapi radiasi
  4. Lebih memilih jalan mastektomi dibanding lumpektomi dengan terapi radiasi

Lumpektomi juga disebut operasi konservasi payudara atau eksisi lokal luas yang tujuannya melindungi sebagian besar payudara dan tidak memerlukan operasi rekonstruksi. Terapi radiasi dilakukan setelah mastektomi atau lumpektomi. Perawatan membutuhkan waktu lima hari hingga beberapa minggu. Jika DCIS karena hormon reseptor-positif (HR +), terapi hormon dapat digunakan untuk menurunkan risiko perkembangan kanker payudara invasif. Kemoterapi umumnya tidak diperlukan.

Vonis kanker memang menjadi momok dan banyak yang kehilangan harapan. Bergabunglah dengan komunitas pendukung untuk saling menguatkan, bicara/konsultasi Dengan sesama penderita dan minta dukungan dari teman atau keluarga dekat.

Sumber : healthline.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top