You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Hal Tak Terduga Bisa Merusak Ginjal

Hal Tak Terduga Bisa Merusak Ginjal

ginjal2Ginjal salah satu organ penting yang dapat menyebabkan resiko kesehatan berbahaya jika sakit. Fungsi ginjal adalah menyaring darah, mengatur kadar asam basa tubuh, mengontrol tekanan darah, pembentukan sel darah merah, kesehatan tulang dan mengendalikan kadar gula darah.

Namun, ada beberapa hal yang tanpa kita sadari dapat merusak ginjal. Diantaranya yaitu :

  1. Terlalu banyak protein. Protein sangat penting untuk diet yang sehat. Tetapi jika ginjal tidak berfungsi dengan normal, makan terlalu banyak dapat membebani ginjal. Konsumsilah protein namun dalam porsi kecil masih diperbolehkan. Sumber protein yang mudah didapat yaitu dari : telur, ikan, kacang, dan kacang-kacangan.
  2. Garam. Pada beberapa orang, terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah dan mempercepat kerusakan ginjal. Ini juga dapat menyebabkan batu ginjal, yang dapat menyebabkan mual, sakit parah dan masalah buang air kecil.
  3. Merokok. Tidak hanya memperburuk tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2, merokok juga dapat mengganggu kerja obat-obatan untuk ginjal. Juga memperlambat aliran darah ke ginjal dan dapat memperparah gangguan ginjal yang sudah terjadi.
  4. Alkoholik. Pria yang minum alkohol lebih dari 14 gelas  dan wanita lebih dari tujuh kali per minggu dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal. Cedera ginjal akut juga dapat disebabkan jika seseorang minum empat/lima gelas alkohol kurang dari 2 jam. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang parah, yang berujung pada dialisis (cuci darah).
  5. Minuman bersoda. Konsumsi antara dua gelas atau lebih per hari, akan meningkatkan risiko gangguan ginjal. Dalam sebuah penelitian, wanita peminum soda diet memiliki fungsi ginjal yang hanya mampu bekerja 30% lebih sedikit setelah 20 tahun dibandingkan dengan wanita lain. Minuman manis tidak memiliki efek yang sama.
  6. Dehidrasi. Ginjal membutuhkan air supaya dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan cairan dalam waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan ginjal.
  7. Obat pengurang nyeri. Penggunaan acetaminophen, aspirin, dan ibuprofen dalam jangka panjang dapat merusak ginjal. Ada pilihan obat lain diluar itu yang dapat dibicarakan dengan dokter.
  8. Narkotika. kokain, heroin, atau metamfetamin dapat menyebabkan kerusakan ginjal dengan cara yang berbeda. Beberapa obat ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan sakit ginjal.
  9. Terlalu banyak dan keras berolahraga. Berolahraga terlalu keras dan dalam durasi lama dapat menyebabkan rhabdomyolysis (jaringan otot rusak sangat cepat). Proses seperti ini akan dibuang melalui ginjal dan akhirnya dapat menyebabkan gagal ginjal. Hindari berolahraga pada suhu panas dan kelembaban tinggi. Jika memerlukan instruktur/dokter ahli olahraga, akan lebih baik. Hubungi dokter jika mengalami nyeri otot dan warna urin gelap.
  10. Steroid untuk bodybuilding. Banyak lelaki mengonsumsi steroid anabolik supaya otot kekar. Namun hal ini dapat menyebabkan jaringan parut pada ginjal, bengkak, kehilangan protein dan akhirnya tinggi kolesterol.
  11. Obat sakit perut. Obat yang disebut inhibitor pompa proton (PPI), yang mengurangi asam lambung, dapat menyebabkan pembengkakan di ginjal jika diminum dalam jangka panjang. Obat penghambat H2 (H2 inhibitor) lebih baik dibanding jenis PPI.
  12. Radang tenggorokan. Hal ini menjadi pertanda infeksi, tubuh membuat protein antibodi untuk melawan peradangan. Namun ternyata, jika terlalu lama menderita sakit tenggorokan dapat menjadi pertanda ginjal sedang bermasalah/bahkan mengalami kerusakan.

Sumber : webmd

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1823

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top