You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Ciri Remaja yang Mengalami Penyalahgunaan Obat

Ciri Remaja yang Mengalami Penyalahgunaan Obat

NarkobaDunia remaja terkait dengan dunia mencari jati diri. Terkadang dalam pencarian tersebut, mereka “tersasar” dengan mencoba-coba obat yang bisa saja berbahaya jika overdosis. Orang tua perlu tahu tanda-tanda mereka mulai terkena “drug abuse” atau penyalahgunaan obat, sehingga sedari dini bisa dikenali dan bisa disadarkan. Inilah tanda-tanda mereka menderita “drug abuse” yang dilansir WebMD :

  1. Prestasi sekolah menurun. Apakah kebiasaan belajar menurun dan pengaruh kepada nilai mata pelajaran? Penyalahgunaan obat menggiring pelajar ke arah kegagalan. Walau tanda penyalahgunaan pada prestasi belajar terkadang tidak begitu dramatis, tetapi bisa dilihat dari ciri-ciri misalnya mendadak malas, mangkir mengerjakan PR, lupa belajar untuk ujian, mendadak rendah partisipasi di kelas atau bahkan bolos sekolah.

  2. Perubahan pada teman-temannya. Lihat apakah anak Anda tiba-tiba tidak lagi berteman seperti biasanya? Teman-teman dengan wajah baru, tapi kelakuan mereka membuat Anda tidak nyaman.

     

  3. Mood. Tiba-tiba anak Anda sering berubah mood nya menjadi cepat marah, sedih atau lesu? Hal ini dapat menjadi tanda dari penyalahgunaan obat. Perhatikan juga jika anak Anda lebih menghabiskan lebih banyak waktu sendirian, jauh dari keluarga.

  4. Penampilan. Penampilannya jika diperhatikan bisa berubah secara signifikan, misalnya Anda mungkin memperhatikan anak Anda mengenakan kemeja yang sama selama beberapa hari, berhenti mandi secara teratur, atau benar-benar mengubah gaya pakaiannya.

  5. Makan. Cirinya makan terlalu sedikit atau bahkan terlalu banyak. Lebih baik tidak mengabaikan setiap perubahan pola makan dan juga berat badannya.

  6. Tidur. Apakah pola tidur remaja Anda berubah? Tergantung pada obat yang disalahgunakan, ia tiba-tiba mungkin tampaknya tidur sepanjang hari atau bisa juga tidak tidur sama sekali.

  7. 20140913_123319_pengguna narkobaPenuh rahasia. Anak menjadi terlalu tertutup tentang kegiatan setelah jam sekolah, atau bahkan merasa aneh, cemas jika Anda berada di dekat nya atau barang-barang miliknya.

  8. Pura-pura sakit. Apakah dia sering minta obat batuk atau flu? jika dia selalu minta obat batuk, itu bisa menjadi tanda penyalahgunaan obat.

  9. Menyembunyikan bekas-bekas obat. Apakah Anda menemukan botol kosong obat di tempat sampah? Jika remaja Anda membeli obat batuk sendiri, dan menggunakannya tanpa memberitahu Anda, itu bisa menjadi tanda penyalahgunaan obat.

Tanda itu hanya sebagian kecil, tetapi yang paling kuat adalah perubahan mood, pola tidur, sikap, perilaku yang tidak biasanya. Jika memang terjadi, diskusikan bersama anak sehingga anak tidak lagi melakukannya.

Sumber : WebMD

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1662

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top