You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » Beberapa Jenis Tanaman Yang Memperparah Alergi

Beberapa Jenis Tanaman Yang Memperparah Alergi

Indonesia dikenal dalergi-serbuk-sari-bunga-2engan kekayaan alam yang berlimpah dan sebagian besar diantaranya merupakan tanaman obat yang dimanfaatkan dan diproduksi sebagai produk herbal.

Namun tidak banyak yang tahu bahwa tidak semua tumbuhan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Misal pada penderita alergi, tanaman herbal terkadang justru memperparah alergi dan membahayakan tubuhnya. Warren V. Filley, MD dari the American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology memberikan dafar tanaman yang berpotensi memperparah alergi selain pollen. Tanaman tersebut adalah :

  1. Pollen/ serbuk sari. Dapat menimbulkan hay fever/demam pada penderita alergi rhinitis. Gejalanya selain itu juga hidung tersumbat, mata dan hidung berair.
  2. Ragweed. Kebanyakan ada dilapangan, sungai, pinggir jalan dan di pedesaan. Di Amerika, sekitar 75% orang alergi terhadap rumput ini.
  3. Mountain cedar. Umumnya banyak ditemukan didaerah pegunungan.
  4. Tanaman gandum. Banyak tumbuh di daerah kering dan padang rumput. Serbuk sari yang ada pada tanaman ini yang menyebabkan munculnya alergi.
  5. Pohon mapel. Di Amerika banyak dipinggiran sungai dan hutan. Maple yang menimbulkan alergi adalah varietas merah, silver dan varietas sugar.
  6. Pohon Elm. Banyak ditanam di lahan basah.
  7. Murbai. Banyak di pinggiran sungai dan perumahan. Murbei bisa menimbulkan demam.
  8. Kemiri. Serbuk sarinya sumber kedua alergi parah selain Ragweed.
  9. Pohon oak. Alerginya terjadi karena menerbangkan serbuk sari dalam jumlah besar.
  10. Pigweed / tumbleweed, semacam rumput yang banyak dipinggir jalan. Jenis rumput sejenis yang juga menimbulkan alergi adalah russian thistle .
  11. Cemara arizona. Serbuk sarinya bisa diproduksi 6-7 bulan pertahun.
  12. Jamur/fungi. Terjadi di rumah atau tempat yang terlalu lembab. Banyak terjadi tergantung waktu dan kegiatan.

(ast/bt)

 

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1771

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top