IDB INDONESIA IDB IDBEON ID BEON ID Beyond IDB IDB INDONESIA ID BEYOND BeonCorp Beon Corp Baikkah Berbuka Puasa Dengan Makanan Yang Manis ??? – MauSehat.Com
You Are Here: Home » Warta Sehat » Puasa » Baikkah Berbuka Puasa Dengan Makanan Yang Manis ???

Baikkah Berbuka Puasa Dengan Makanan Yang Manis ???

kolak-pisang

Dalam bahasa Arab, takjil artinya ‘menyegerakan untuk berbuka’. Istilah ini diambil dari tradisi Rasulullah, yang menganjurkan segera berbuka dengan kurma atau air putih pada saat berpuasa.

Namun, sekarang orang cenderung membatalkan puasa dengan menyantap aneka es atau hidangan sarat gula, dalam porsi besar pula! Akhirnya, manfaat berpuasa yang seharusnya bisa menstabilkan gula darah, tidak tercapai. Sebaliknya, bobot tubuh justru makin melonjak!

Seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah, beliau berbuka puasa dengan memakan buah kurma. Mengapa? bila kita telaah lebih lanjut, ternyata buah kurma mengandung karbohidrat kompleks. Saat berpuasa, kadar gula dalam darah menurun. Karbohidrat kompleks yang kita konsumsi saat berbuka sangat baik untuk meningkatkan glikogen perlahan-lahan sehingga tubuh menyimpan kembali energi secara bertahap dalam waktu yang lebih lama.

Apa yang terjadi bila yang dikonsumsi adalah dari jenis karbohidrat sederhana? Tentunya kadar gula akan melonjak dengan cepat, sehingga merespon insulin dalam tubuh kita untuk naik dan selanjutnya tubuh menjadi lebih cepat menimbun lemak. Inilah yang menjadi fenomena selama ini di masyarakat kita, bahwa setelah berpuasa selama Ramadhan bukan tubuh ideal yang dicapai melainkan peningkatan berat badan. Sekarang kita bayangkan bila setiap harinya kita berbuka dengan menu es campur, kolak disertai kue-kue manis, atau ditambah gorengan yang jelas mengandung lemak tinggi.

Menunggu Buka PuasaNah, berapa banyak kita sudah menginvestasikan timbunan gula dan lemak di tubuh kita?

Untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana, dapat dilihat berdasarkan indeks glikemik dalam makanan itu sendiri (www.glycemicindex.com). Semakin tinggi indeks glikemiknya, maka semakin cepat tubuh merubah makanan tersebut menjadi gula.

Source : Gizi.net

(ang/bt)

 

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1904

Comments (3)

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top