You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 8 Penyebab rambut rontok pada pria dan wanita

8 Penyebab rambut rontok pada pria dan wanita

rambut rontokKerontokan rambut atau Alopecia dapat dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Meski rambut rontok sebuah kewajaran, namun perlu perawatan khusus jika rontok rambut lebih dari 50-100 helai/hari. Penyebab rambut rontok sangat kompleks. Namun dapat disimpulkan, bahwa ada sekitar 8 penyebab baik pada pria dan wanita:

  1. Kerontokan rambut dapat diwarisi dari gen ayah dan ibu. Gen yang bertanggung jawab untuk rambut adalah kromosom X. Oleh karena itu, gen ini sangat membantu dalam memahami penyebab kerontokan rambut.
  1. Menderita penyakit. Misalnya karena tipus, infeksi virus dan malaria. Jenis kelainan rambut rontok ini biasanya bersifat sementara disebut alopecia areata. Infeksi lain yang dapat menyebabkan kerontokan rambut bisa termasuk infeksi kulit kepala karena jamur, folikulitis, dan infeksi demodex. Penyakit kanker menyebabkan kehilangan lebih banyak rambut karena radiasi selama proses pengobatan kemoterapi.
  1. Kurang protein. Protein berguna untuk pertumbuhan. Kurang asupan protein menyebabkan rambut rontok. Pilih makanan kaya protein misalnya daging, telur, ikan, kacang dan sayuran yang memiliki kandungan protein tinggi.
  1. Stress/trauma. Stress, gangguan mental atau psikis atau karena stress penyakit, menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Trauma fisik mempengaruhi kerontokan sementara. Stres mempengaruhi siklus rambut sehingga menghambat pertumbuhan rambut yang disebut sebagai telogen effluvium.
  1. Terlalu tinggi asupan vitamin A. Obat jerawat yang mengandung tinggi vitamin A yaitu Accutane dapat mengakibatkan rambut rontok, kulit kering, penglihatan kabur, dan muntah.
  1. Perawatan rambut tidak tepat. Karena gaya rambut yang berlebihan, tekanan atau panas karena catok dapat menimbulkan kerontokan.
  1. Proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, folikel rambut akan berkurang kekuatannya dalam menahan akar. Bentuk akar rambut juga menyusut sehingga longgar. Rata-rata sudah mulai rontok ketika berusia 30 tahun.
  1. Berat badan turun drastis. Penurunan berat badan yang tiba-tiba menjadi trauma fisik yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kehilangan berat badan bisa menyebabkan stres pada tubuh yang menyebabkan kekurangan mineral dan vitamin. Hal ini juga bisa menjadi pertanda kelainan gizi misalnya bulimia atau anoreksia. Penurunan berat badan yang sangat cepat dapat menyebabkan rontok rambut sampai 6 bulan.

 

Sumber : positivemed.com

 

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1823

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top