You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 7 perawatan mata kering

7 perawatan mata kering

mata keringTiba-tiba mata kering dan tidak nyaman seperti : perih, merah, iritasi, jumlah air mata menurun/kering memang sangat menganggu. Dokter mungkin akan memberikan sejenis salep atau obat tetes mata. Namun, alangkah lebih baik jika kita mengetahui, apa yang menjadi penyebab mata kering, apakah karena kurang gizi atau kelelahan.

Ada beberapa hal yang meringankan sindrom ini, yaitu :

  1. Mata kering bisa juga terjadi karena efek samping obat seperti obat anti alergi (termasuk tetes mata antihistamin), obat penghilang rasa sakit hingga obat tekanan darah. Tanyakan kepada dokter jika memang akan diberikan obat, agar kekeringan tidak semakin parah.
  2. Cobalah tetes mata OTC. Perawatan pertama untuk mata kering biasanya disediakan tetes mata yang mirip dengan air mata kita sendiri, yang dikenal OTC (Over the counter). Obat ini untuk gejala mata kering yang ringan atau sesekali kambuh. Jangan gunakan obat karena mata merah atau karena alergi, yang justru membuat kondisi lebih parah. Menurut Janet Cushing, OD, ahli mata dari University of Wisconsin School of Medicine & Public Health, OTC ini sebaiknya digunakan secara rutin. Jika memang harus meneteskan obat lebih dari enam kali/hari, ada baiknya mencari obat yang tanpa pengawet.
  3. Mencuci kelopak mata. Minyak (meibum) adalah komponen penting air mata dan diproduksi oleh kelenjar meibomian di tepi mata, dekat garis bulu mata. Kelenjar meibomian yang terhambat dapat menyebabkan mata kering. Cuci kelopak mata secara teratur dan gunakan kain lap hangat sebagai kompres yang dapat membantu menjaga peradangan dan mengembalikan aliran minyak ke mata. Pejamkan mata dan cucilah sepanjang garis bulu mata. Beberapa dokter tetap menyarankan melakukan ini walau gejala sudah berkurang. Jika obat sudah tidak dapat bekerja, dokter akan melakukan proses LipiFlow yaitu memberikan tekanan dan kehangatan pada mata untuk membersihkan kelenjar meibomian yang tersumbat.
  4. Perbaiki saluran air mata. Saluran air mata atau puncta terletak di sudut dalam kelopak mata atas dan bawah. Fungsinya untuk mengalirkan air mata dari mata ke hidung. Memasukkan duktus dengan sumbat lakrim steril atau sumbat punctal dapat menahan air mata atau membuat air mata sendiri.
  5. Menggunakan lensa kontak teurapetik. Lensa kontak biasa dapat menyebabkan mata kering. Gunakan lensa khusus jangka panjang yang disebut lensa skleral atau lensa perban dapat memperbaiki masalah dengan melindungi permukaan mata dan menjaga kelembaban.
  6. Konsumsi makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 dapat membantu meringankan mata kering. Omega 3 bersumber dari salmon, sarden, tuna, kenari dan biji rami.
  7. Menggunakan resep dokter. Selain persiapan over-the-counter ada resep pengobatan yang tersedia. Ada obat tetes mata yang mengandung senyawa anti-inflamasi siklooksporin (Restasis) dan pada tahun 2016, FDA menyetujui pengobatan mata kering tipe baru yang disebut solusi oftalm alam ophthalmic (Xiidra). Kortikosteroid juga mengendalikan peradangan, juga tersedia dalam bentuk mata drop, walaupun umumnya tidak dianjurkan untuk jangka panjang.

 

 

Sumber : health.com

(ast/bt)

 

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1741

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top