You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 7 Makanan Tinggi Protein

7 Makanan Tinggi Protein

bijibijianSetiap orang membutuhkan protein tidak saja sebagai zat gizi makro tetapi juga untuk membangun sel dan otot. Menurut Donald Layman, Ph.D., seorang pria membutuhkan sekitar 56 gram protein per harinya. Manfaat protein sangat luas, selain untuk membantu menahan rasa lapar juga membantu mencegah diabetes dan penyakit jantung, membantu mempertahankan massa otot tanpa lemak dan membantu membakar kalori.

Kebutuhan akan protein pada pria tidak cukup hanya minum minuman tinggi protein, tetapi juga membutuhkan variasi makanan sebagai sumber protein yang lengkap. Apa saja makanan yang tinggi protein??

  1. Kedelai. Mengandung sembilan jenis asam amino. Satu cangkir edamame (kedelai khusus) mengandung 22 gram protein, ¼ kebutuhan kalsium harian, vitamin C dan asam folat. Kedelai dapat dijadikan bahan untuk berbagai olahan menu seperti susu, tahu, tempe, sup miso, pasta kedele fermentasi (masakan jepang).
  2. Biji rami. Tidak hanya mengandung protein, tapi juga asam amino esensial dan asam lemak omega-3. Satu ons biji rami mengandung 6 gram protein, sama dengan sebutir telur. Biji rami dapat disajikan dengan mencampur antara air hangat dan lemon.
  3. Lentil. Satu cangkir mengandung 18 gram protein. Lentil cocok untuk diet karena rendah lemak dan tinggi serat. Kombinasikan dengan ikan atau ayam yang mengandung sekitar 40 gram protein satu kali makan.
  4. Yogurt yunani tanpa gula. Mengandung sekitar 26 gram protein per cangkir. Usahakan tidak menambahkan gula jenis apapun ke dalam yogurt untuk menghindari lonjakan kalori. Bila perlu, tambahkan buah-buahan atau waffle sedikit manis.
  5. Kacang polong. Secangkir mengandung 8 gram protein dan vitamin C. Mengandung sedikit karbohuidrat dibandingkan dengan kacang Lima, kidney beans, sehingga cocok untuk diet rendah karbohidrat. Cobalah resep dengan kombinasi ikan, ayam danbumbu rempah lainnya.
  6. Oat/gandum. Umumnya digunakan sebagai sarapan karena mudah disajikan. Ternyata Oat juga sebagai sumber protein. Oat mengandung sekitar 10-14% kebutuhan protein harian. Secangkir gandum mengandung sekitar 7 gram protein. Carilah gandum utuh atau minimal gandum yang bisa dimasak dengan cepat.
  7. Quinoa. Satu cangkir mengandung sekitar 8 gram serta sembilan asam amino esensial. Quinoa dapat disajikan biasa atau dicampurkan dengan banyak lauk pauk.

Sumber : cheatsheet.com

(ast/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1805

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top