You Are Here: Home » Warta Sehat » Umum » 6 Cara Cepat dan Mudah Penghilang Kulit Kering

6 Cara Cepat dan Mudah Penghilang Kulit Kering

Tips-atasi-Kulit-KeringMemiliki kulit yang mudah gatal dan kering? Tidak mudah merawatnya dengan menggunakan pelembab saja, tapi perawatannya tergantung dengan cara membersihkan kulit, udara di sekitar dan bahkan pakaian yang dikenakan. Cobalah enam tips cara cepat dan mudah menghilangkan kulit kering, diantaranya :

  1. Mandi uap lebih baik dibandingkan mandi dengan air hangat untuk kulit kering. Panas pada air menghalangi keluarnya minyak alami pada tubuh sehingga kulit menjadi kering. Ahli perawatan kulit merekomendasikan mandi dengan air hangat hanya berlangsung selama 5 sampai 10 menit. Setelah itu, keringkan dengan lembut untuk mengembalikan kelembaban kulit.

  2. Menggunakan sabun lembut yang bebas dari aroma adalah pilihan yang bagus untuk kulit kering. Gunakan pembersih yang mengandung ceramides yang merupakan molekul lemak yang membentuk penghalang penyebab kering pada kulit.

  3. Mencukur dapat mengiritasi kulit kering. Ketika Anda mencukur rambut yang tidak diinginkan, itu berarti menghilangkan minyak alami dari tubuh. Waktu terbaik untuk mencukur adalah setelah mandi, karena rambut lebih lembut dan lebih lentur setelah mandi, sehingga mencukur lebih mudah. Selalu gunakan krim cukur atau gel, dan bercukur di arah rambut tumbuh untuk melindungi kulit. Pastikan pisau cukur yang tajam. Sebuah pisau cukur kusam dapat menyebabkan iritasi tambahan. Ganti pisau cukur sesering mungkin. Jika menggunakan pisau yang telah digunakan sebelumnya, rendam dalam alkohol untuk membersihkannya.

  4. Menggunakan sunblock dengan SPF 30 dan berpakaian menyesuaikan dengan cuaca untuk mencegah kulit kering, keriput, dan kasar. Dalam cuaca dingin, pastikan untuk menggunakan pakaian dengan lapisan dalam untuk mencegah overheating dan berkeringat berlebihan, keduanya dapat mengiritasi kulit. Untuk mencegah, bibir pecah-pecah kering di musim dingin, gunakan lip balm dengan SPF 15 dan menutupi bibir dengan masker atau scarf. Di musim panas gunakan, kemeja yang menyerap cahaya, longgar dan berlengan panjang ketika berada di bawah sinar matahari serta gunakan topi bertepi lebar untuk menutupi leher, telinga, dan mata.

  5. kulit-keringMenggunakan pelembab. Petroleum jelly merupakan pelembab yang baik. Atau bisa juga menggunakan shea butter, ceramides, asam stearat, atau gliserin, yang merupakan pelembab untuk kulit kering. Pelembab yang digunakan harus digunakan secara konsiten dan rutin untuk membantu mengtatasi kulit kering . Oleskan pelembab pada kulit yang basah beberapa menit setelah mandi untuk menjebak kelembaban. Melembabkan tangan setiap kali mencuci tangan sehingga tidak terjadi penguapan air secara berlebihan untuk menarik kelembaban kulit. Gunakan tambahan krim tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk mendapatkan manfaat tambahan perlindungan matahari.

  1. Menggunakan pelembab ruangan. Udara kering merupakan penyebab umum dari kulit yang teriritasi kering. Pemanasan di dalam rumah pada cuaca dingin yang membuat udara di dalam hangat, tetapi menghilangkan uap air dari udara, yang dapat membuat kulit kering bahkan lebih kering. Untuk mengisi kelembaban yang hilang dengan cepat dan mudah, gunakan humidifier di kamar tidur. Perlu diperiksa kelembaban ruangan dengan menggunakan hygrometer, yang bertujuan untuk mempertahankan kelembaban dalam ruangan sekitar 50%.

Sumber : WebMD

(vna/bt)

About The Author

Situs Resmi Kesehatan, Gizi & Farmasi.

Number of Entries : 1662

Leave a Comment

© 2012 - www.mausehat.com

Scroll to top